Memilih Helm, Half Face atau Full Face

Pemberlakuan helm wajib SNI sudah sejak beberapa waktu yang lalu, meskipun belum 100% terlaksana dan sempat menuai pro kontra ane ngacungin jempol dah. Memang ane seorang PNS, sebagai PNS tentunya ane kudu menyukseskan program pemerintah termasuk helm SNI ini lagi pula ane lihat niatnya baik untuk keamanan pengendara motor juga. Bicara helm semakin hari semakin banyak dan ramai tapi secra umum ane kategorikan ada dua helm yaitu helm half face dan helm full face (maaf helm catok ngak masuk hitungan).

Helm full face melindungi hampir seluruh bagian kepala.

Dalam memilih helm yang akan digunakan ada berbagai hal yang menjadi pertimbangan, antara lain bentuk, warna, merek, harga dan kepraktisannya. Kebanyakan orang menggunakan helm half face dibanding full face, alasannya karena helm half face lebih praktis. Jika menggunakan helm full face rasanya selain pengap juga bobotnya lebih berat dan bagi perokok menggunakan helm full face bisa membuat mereka gelisah karena tidak bisa berkendara sambil merokok.

Sebagai mantan pemakai helm half face memang ada benarnya alasan-alasan tersebut tapi tidak sepenuhnya benar. Sebab meskipun full face jika sirkulasi udaranya baik maka tidak akan terasa pengap, untuk bobot juga penilaiannya relatif. Bagi yang baru pertama kali memakai helm mungkin akan terasa berat dan canggung namun setelah terbiasa perasaan tersebut bisa hilang dengan sendirinya kecuali memang kualitas helm-nya yang jelek.

Helm half face hanya melindungi bagian atas dan belakang kepala, sementara bagian depan masih rentan terhadap benturan karena hanya di tutupi visor.

Helm full face juga relatif lebih aman dibanding helm half face. Coba bayangkan jika anda terjatuh dengan posisi muka menghadap jalan dengan menggunakan helm half face dan full face. Jika helm yang digunakan helm half face, ketika terjatuh dengan posisi muka menghadap jalan maka kemungkinan kaca visor akan pecah. Pecahan visor dan jalan akan mengenai wajah anda dan bayangkan seperti apa wajah anda jika itu terjadi? Bagaimana halnya dengan helm full face? Kebetulan saya pernah mengalami jatuh dengan posisi menghadap jalan, beruntung saya menggunakan jaket yang cukup tebal dan helm full face sehingga tidak ada luka serius yang saya alami. Luka yang cukup serius ada di kaki karena saya hanya menggunakan celana biasa, beruntung saat itu saya memakai sepatu.

Kita tidak pernah menginginkan mengalami musibah kecelakaan atau sejenisnya tapi tidak ada salahnya kita mengantisipasi bila peristiwa tersebut terjadi. Untuk itu sebaiknya dalam berkendara kita menggunakan helm full face dibanding half face, namun memang ada faktor lain yang menentukan yaitu harga. Harga helm half face memang lebih murah dibanding helm half face. Contoh untuk mendapatkan helm half face dengan kualitas yang cukup baik anda perlu uang sekitar seratus ribuan, sementara untuk mendapatkan helm full face dengan kualitas yang cukup baik perlu mengeluarkan biaya sekitar dua ratus ribuan. Jumlah ini cukup signifikan terlebih masyarakat yang menggunakan motor kebanyakan berasal dari kelas menengah kebawah. Ketimbang mengeluarkan uang untuk sekedar membeli helm lebih baik untuk yang lain saja, masalah keselamatan biar urusan tuhan yang penting bawa motornya pelan-pelan saja. Seperti itulah yang ada di dalam benak kebanyakan pengendara motor, saya pun tak mampu berbuat banyak tapi bagi yang rejekinya berkecukupan sebaiknya anda memilih helm full face, meskipun lebih mahal tapi toh ini demi keamanan diri anda sendiri.

Bagaimana dengan anda, mana yang lebih anda sukai Helm half face atau full face? Kebetulan mulai besok 3 September sampai 7 September 2010 ada pameran motor di Senayan, tentunya ada juga gerai helm di sana. Jika mau beli datang saja siapa tahu dapat potongan harga, bonus atau boleh jadi dapat diskon dan bonus seperti saat saya beli helm di PRJ. Makanya datang sekalian lihat-lihat motor, lihat SPG juga boleh :mrgreen:.

About these ads

9 responses to “Memilih Helm, Half Face atau Full Face

  1. PERTAMA…
    Paké CS1 aja lahhh.. :)

  2. KEDUA…
    Paké HSX125R plus Helm SNI :D

  3. KETIGA…
    Paké BeAT plus helm Open Face yg murah aja

  4. Aq pribadi…
    Alhamdulillah mempunyai bbrp helm.
    Yg paling sering aq paké adalah helm Open Face
    (kayak-nya lebih tepat dibanding Half Face). Coz
    di bnyk artikel dibahas bedanya Full face, Open
    face n Half face (cethok, karena separo saja).

    Trus yg juga kadang saya paké, utamanya kalo pas
    main agak jauh or turing paké Full face yg se-warna
    dg motorq…
    Ini dia helm-nya, lgsg tak foto pas liat artikel ini :)

    Ini pas tak paké ke Bromo

    Sesuai kan warnanya…. :)

  5. wah gawat podium disikat semua :mrgreen:

  6. Héhé….
    Sori…kebablasan,
    Iya bro…justru itu, visor pelangi ini akan saya
    ganti dengan yg bening or riben (agak redup)
    biar enak juga kalo dipakai malam….

  7. recomended helm Full Face..ngk yg lain dah :mrgreen:

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s