Tantangan Kuliah Di UT

UT

Universitas Terbuka, banyak orang ketika mendengar nama universitas tersebut bereaksi setengah mata. Meskipun dibanding universitas dan perguruan tinggi lain yang kualitasnya meragukan tetap saja UT dipandang sebelah mata, padahal UT itu setara PTN.

Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, antara lain karena mendapatkan nilai tinggi di UT suatu hal yang sulit, kuliahnya berbeda dengan kuliah reguler lainnya dan sebab yang lain. Pada hal jika kita mau jujur orang-orang yang lulus dari UT meskipun nilainya kecil tetap hebat dan tidak kalah dibanding lulusan kampus lain.

Di kampus lain, kita sudah tahulah seperti apa terutama yang kualitasnya meragukan. Bahkan ada istilah STIA, kepanjangan dari sekolah tidak ijazah ada. Di UT untuk mendapatkan nilai yang baik saja tidak mudah apa lagi untuk lulus dengan predikat cum laude.

Hal ini disebabkan karena metode belajarnya menggunakan sistem mandiri. Artinya jika anda tidak pernah belajar atau belajar seadanya maka siap-siap saja mendapat nilai rendah. Namun di lain sisi justri ini tantangannya, bagamana anda memotivasi diri sendiri untuk tetap fokus belajar meskipun tanpa suasanya kampus secara umum.

Jadi jika anda seorang mahasiswa UT, jangan pernah berkecil hati jika berhadapan dengan alumni kampus lain. Dan jika anda berasal dari kampus non UT, jangan pernah merasa lebih hebat dari pada lulusan UT karena kehebatan seseorang itu tak selalu harus terlihat secara fisik.

About these ads

One response to “Tantangan Kuliah Di UT

  1. Setuju Mas,
    Kalau bisa LULUS dengan target standard saja sdh bersyukur,
    karena NILAInya murni hasil UAS, gak ngaruh sama kehadiran.

    Tapi saya gak kecil hati kok,
    baru Lulus S1 UT 2002 Saya langsung ada panggilan Interview di BII dan Beberapa Bank Lain, walaupun IP gak gede gede amat. he he he.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s