Tanda-tanda kiamat : Matahari terbit dari Barat, nyata atau perumpamaan?

gem7 Pada acara peringatan Isra Mi’raj di suatu masjid, seorang penceramah sedikit membahas mengenai ciri-ciri kiamat berupa matahari yang terbit dari barat. Pak penceramah tersebut mengartikan pertanda tersebut sebagai perumpamaan bahwa manusia akan menjadikan barat (eropa, amerika) sebagai kiblatnya. Hal ini menunjukan bahwa kiamat sudah dekat sebab banyak umat Islam yang menganut nilai-nilai budaya barat sebagai acuan. Memang benar kimat telah dekat tapi benarkah pertanda matahari terbit dari barat hanya sebuah perumpamaan, bukan sebuah kejadian nyata yang menggemparkan.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa kiamat tidak akan datang sampai datang tanda-tandanya berupa : matahari terbit dari barat, kabut, binatang melata, Ya’juj dan Ma’juj, Isa bin Maryam dan Dajjal. Ketika manusia manyaksikan matahari terbit dari barat maka semuanya beriman namun tiada berguna lagi iman seseorang ketika itu melainkan orang-orang yang beriman sebelum kejadian itu. Maksudnya ketika matahari terbit dari barat merupakan batas diterimanya keimanan seseorang, orang-orang yang beriman setelah kejadian itu tidak akan diterima imannya.

Hal ini menunjukkan bahwa terbitnya matahari dari barat bukan sebuah perumpamaan melainkan peristiwa nyata. Jika peristiwa tersebut sebuah perumpamaan maka sudah barang tentu tidak berguna lagi keimanan atau taubatnya orang-orang pada saat ini, sebab saat ini perilaku manusia sudah mengarah pada gaya-gaya barat. Selain itu jarak antara pertanda yang satu dengan pertanda yang lain tidak terlampau lama, sebagaimana diriwayatkan bahwa prtanda yang lain akan segera mengikuti setelahnya.

Karena itu saya ingin mengingatkan kepada saudara-saudara sekalian, selagi mentari belum terbit di barat dan nyawa belum dicabut marilah bersama-sama kita mohon ampunan kepada Allah. Demikian semoga bermanfaat.

4 responses to “Tanda-tanda kiamat : Matahari terbit dari Barat, nyata atau perumpamaan?

  1. iya,
    semoga manusia cepat Sadar dan termasuk saya🙂
    Hehehhe

    Oy, Salam kenal ea :)…

  2. semoga pada tobat amin……

  3. apakah kiamat memang benar-benar ada ya?
    bingung?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s