Waktu

Allah swt berfirman dalam surat Al Ashr yang artinya : Demi masa, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang beriman dan mengerjakan kebajikan dan saling menasihati untuk kebenaran dan kesabaran.

Setiap manusia baik WNI atau WNA, laki atau perempuan, muslim atau bukan memiliki waktu yang sama yaitu 1 hari 24 jam. Dari 24 jam tersebut Allah hanya mewajibkan solat 5 waktu yang jika diakumulasikan sekitar 30 menit. Pertanyaannya adalah, apakah cukup amal ibadah 30 menit dari 24 jam membawa kita ke surga?

Secara matematis tentu saja tidak, apa lagi hal tersebut belum dikurangi dosa-dosa yang diperbuat baik sengaja ataupun tidak. Memang urusan pahala dan dosa urusan Allah, manusia tidak tahu berapa jumlah pahala & dosa yang didapatnya dalam sehari apakah defisit atau surplus. Maka dari itu hendaknya setiap apa yang kita lakukan bukan hanya sekedar rutinitas tapi juga diniatkan sebagai ibadah.

Apakah bisa? Tentu saja bisa, dalam suatu hadist Rasulullah bersabda (yang kurang lebih artinya) : dalam berhubungan suami istri terdapat kebaikan, sahabat bertanya, bagaimana mungkin ya Rasul? Rasul menjawab, bukankah jika kalian melaksanakan di jalan yang salah akan menjadi dosa.

Maksudnya adalah segala perbuatan jika diawali dengan niat yang baik & dijalankan sesuai syari’ah akan menjadi baik. Sementara perbuatan baik yang dilakukan bukan berdasarkan niat baik & tidak sesuai syari’ah tidak akan ada artinya bagi Allah, hal ini sesuai hadist Rasul saw. yang artinya segala perbuatan tergantung dari niat. Semoga kita senantiasa dalam lindungan dan petunjuknya.

One response to “Waktu

  1. Ping-balik: Ngaji yuk, Perkara Solat | Lord Ubay's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s