Kartini, Emansipasi & Islam

Beberapa hari yang lalu diperingati sebagai hari Kartini dan semangat yang dihembuskan adalah emansipasi wanita. Sebenarnya emansipasi seperti apa yang diharapkan oleh R. A. Kartini? Apakah benar emansipasi yang banyak dihembuskan kaum feminisme sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh R. A. Kartini?

Pada saat ini wanita bekerja atau yang lebih akrab disebut wanita karier bukanlah suatu hal yang janggal. Tidak sedikit istri ikut membantu perekonomian keluarga dan justru pendapatan istri lebih besar dari pada suami. Kadang bahkan sering hal ini menjadi awal dari keretakan rumah tangga dan berakhir perceraian.

Ketika penghasilan wanita lebih tinggi dari pada pria, timbul rasa tidak hormat istri kepada suami. Padahal Islam memerintahkan seorang istri untuk taat kepada suaminya, dalam suatu hadist Rasulullah bersabda : seandainya boleh manusia sujut kepada manusia lain, niscaya ku perintahkan istri untuk sujut kepada suaminya.

Ada juga suami yang menjadi malas untuk bekerja karena istri telah bekerja dan memiliki penghasilan yang lebih dari cukup. Sementara Islam mengajarkan bahwa laki-laki / suami adalah pemimpin keluarga, bagaimana bisa seseorang menjadi pemimpin yang baik jika hidupnya mengandalkan orang yang seharusnya ia jaga dan lindungi. Sesungguhnya setiap laki-laki akan dimintai tanggung jawabnya terhadap empat wanita, yaitu ibu, istri, anak (perempuan) dan saudara (perempuan).

Demikian semoga bermanfaat bagi kita semua.

3 responses to “Kartini, Emansipasi & Islam

  1. overall bagus, cuman kadang ada yang salah ketik dibeberapa artikel atau memang karena kamunya yang keliru karena tidak tahu contoh sujut, halow bay sujuDDDDD.

  2. he he he iya makasih atas koreksinya, maklum masih newbie jadi masih perlu banyak belajar.

  3. bagusss Gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s