Antara Gaby dan Punk Rock Jalanan

Masih ingat Gaby? Sebuah lagu misterius yang pernah populer beberapa tahun yang lalu. Begitu populernya lagu Gaby sehingga tidak sedikit grup band tak jelas yang mengaku sebagai pencipta lagu itu dan berharap bisa tenar dalam waktu singkat dengan modal ngaku-ngaku sebagai pencipta lagu misterius tersebut.

Meskipun sudah ada grup band yang diakui secara resmi sebagai pemilik lagu Gaby dan berhak mendapatkan royalty dan segala macam materi atas lagu tersebut, tidak serta merta menjadikan lagu tersebut benar-benar milik mereka. Belakangan seorang ahli telematika bernama Roy Suryo pun membantah grup band tersebut sebagai pemilik sebenarnya lagu tersebut. Bung Roy menunjuk pihak lainlah sebagai pemilik lagu Gaby dengan disertai bukti berupa analisis dan hal lain yang tidak terlalu saya pahami karena saya bukan ahli baik telematika ataupun telenovela.

Entah apa yang menyebabkan lagu Gaby menjadi populer dan menjadi semacam fenomena pada waktu itu. Dari segi kualitas suara vokal maupun alat musik terdengar masih sederhana. Lagu Gaby dibawakan oleh seorang wanita dengan diiringi alat musik gitar, tapi karena kesederhanaan itulah yang memberikan sensasi tersendiri bagi pendengarnya. Terlebih kisah dibalik lagu tersebut yang agak berbau mistis. Dikatakan lagu tersebut merupakan kisah nyata dari seorang wanita yang ditinggal mati kekasihnya, dan ia merasa kehilangan yang sangat atas kematian kekasihnya itu.

Setelah lagu Gaby muncul lagu Punk Rock Jalanan (mudah-mudahan saya tidak salah) yang juga misterius. Tak ada yang tahu pasti berasal dari mana dan siapa yang menciptakan lagu itu. Meskipun begitu lagu PRJ (Punk Rock Jalanan) pun menjadi fenomena tersendiri. Lagu ini pernah sering dinyanyikan oleh pengamen jalanan, juga pernah beredar di radio-radio. Bahkan saya pernah mendengar lagu ini dibawakan dengan cukup professional oleh sebuah grup band di sebuah stasiun radio.

Seperti halnya lagu Gaby, lagu PRJ versi asli pun begitu sederhana. Dinyanyikan oleh seorang anak yang saya perkirakan berusia belasan dengan diiringin suara gitar yang juga seadanya. Jika dibandingkan dengan lagu Gaby, kualitas lagu PRJ masih di bawah Gaby baik suara vokal maupun permainan gitarnya. Apakah hal ini yang menyebabkan lagu PRJ tak sepopuler Gaby sehingga tak banyak grup band ngak jelas yang berusaha ngaku-ngaku sebagai pencipta dan pemilik lagu tersebut? Entahlah.

Meskipun lagunya sederhana tapi untuk ukuran anak jalanan, lagu ini bisa dibilang lumayanlah sebab yang menciptakan bukanlah seorang professional jadi cukup saya apresiasi. Lagu PRJ sendiri menceritakan kisah cinta seorang PRJ, PRJ yang umumnya terlihat dekil dan seenaknya ternyata tetap manusia yang mempunyai perasaan cinta seperti saya, anda dan orang lain. Lagu ini juga menunjukkan bagaimanapun bentuknya manusia tetap manusia yang punya perasaan. Kebanyakan orang ketika melihat PRJ akan bersikap seolah-olah mereka adalah manusia kelas dua yang perlu dihindari.

Semoga kita tidak termasuk orang-orang seperti itu, yang menilai dan membedakan manusia dari segi penampilan luar saja. Apapun bentuknya, miskin atau kaya, penguasa atau rakyat, manusia tetaplah manusia, semua sama di mata Allah yang membedakan adalah kadar ketakwaannya.

Untuk mendengar lagu PRJ silahkan klik di sini, dan ini untuk mendengarkan lagu gaby😉.

5 responses to “Antara Gaby dan Punk Rock Jalanan

  1. na bnr kn q blg gaby tu lgu org yg ud mati

  2. lah terus yang ngaku gaby dari australia gimana…

  3. dgr2 lagu geby n prj dr jatim…

  4. lu ngga tau di sini ada anak DISTROYET ngga takut maju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s