Prince of Persia Warrior Within

Game ini bukan game baru karena memang sudah sejak beberapa tahun yang lalu game ini sudah ada, bahkan saat ini seri terbaru game Prince of Persia (POP) yang terbaru sudah beredar dipasaran. Sampai saat ini sudah ada lima seri game POP yang diluncurkan yaitu Sand of Time (SOT), Warrior Within (WW), the Two Throne (T2T), the Beginning (TB) dan seri yang terbaru The Forgotten Sand(FS). Menurut saya game POP sudah selesai atau tamat sampai seri ke tiga yaitu the Two Throne, dan game yang diusung oleh ubisoft sebagai pengganti POP adalah Assasins Creed (AC). Meskipun memiliki genre yang hampir sama tapi tidak serta merta para penggemar POP bisa beralih ke AC.

Mengingat permintaan pasar yang cukup tinggi atas permainan POP maka dibuatlah game POP lanjutan, dimulai dari seri ke empat the Beginning yang menceritakan kisah POP sebelum menjadi pahlawan sebagaimana yang terjadi pada seri ke tiga the Two Throne. Seri yang terbaru pun mengambil latar peristiwa yang terjadi antara seri pertama (SOT) dan seri ke dua (WW). Langkah ini selain untuk memenuhi keinginan konsumen juga tentu saja untuk menambah pundi-pundi kas mereka but it’s ok toh tidak ada yang dirugikan. Konsumen senang, produsen pun gembira ya cocok.

POP di depan kastil the Empress of time.

Oke sekarang sedikit saya ulas tentang Prince of Persia Warrior Within. Alasan saya memilih game ini karena sampai saat ini masih ada saja orang yang penasaran dan ingin tahu tentang game ini. Padahal sebagaimana saya katakan sebelumnya, game ini bukan lagi game baru alias lawas tapi toh masih diminati. Hal ini menunjukkan bahwa game ini memiliki daya tarik tersendiri. Saya sendiri berpendapat cerita dalam game ini sangat menarik.
Game ini berkisah tentang POP yang melakukan perjalan ke sebuah tempat bernama land of time, tempat dibuatnya sand of time. POP melakukan perjalanan ke land of time tak lain karena ingin mengubah takdirnya yaitu mati terbunuh oleh mahkluk bernama Dahaka. Dahaka sendiri merupakan mahkluk yang sengaja diciptakan untuk menjaga gerbang waktu, siapapun orang yang menggunakan kekuatan sand of time maka dia harus berhadapan dengan Dahaka. Hal ini tentu saja untuk mencegah penyalahgunaan kekuatan sand of time. Ketika anda bertemu pertama kali dengan Dahaka dalam game ini anda akan merasakan sensasi tersendiri sebab tak ada yang bisa anda lakukan kecuali berlari. Menyebalkan memang ketika anda bisa menghajar musuh kecuali Dahaka tapi tak usah berkecil hati sebab ada saatnya anda menghajar dahaka tapi percayalah, itu tak mudah.

Dahaka mengejar Sandwraith.

Ketika berada di land of time anda akan bertemu dengan karakter yang tidak anda duga (selain Dahaka tentunya). Beberapa tokoh sentral adalah Kaileena dan Sandwraith, selain tokoh juga ada banyak peristiwa dan kejadian-kejadian yang tidak anda duga tapi akan anda mengerti kemudian, seperti siapa sebenarnya Kaileena dan Sandwraith, mengapa ada peristiwa ini dan itu dan seterusnya. Jika anda pernah menonton film de javu, seperti itulah kurang lebih karena memang anda harus sering berpindah waktu dari saat ini ke masa lalu.

Gerbang waktu tempat POP berpindah waktu dari masa kini ke masa lalu dan sebaliknya.

Saya penasaran seandainya game ini diangkat ke layar lebar kira-kira seperti apa ceritanya, apakah akan sama persis atau akan disesuaikan seperti yang sudah terjadi di film Prince of Persia the Sand of Time. Bagi anda yang belum memainkan game ini, maka mainkanlah sebab bagi saya game ini recommended. Selain cerita yang disajikan memang menarik, game ini memiliki dua kisah akhir. Sedikit bocoran, ada sembilan bonus extra life, jika anda mampu menemukan semuanya maka anda bisa mendapatkan water sword. Pedang ini sifatnya opsional, boleh diambil atau tidak. Jika anda menggunakan water sword maka musuh terakhir yang anda hadapi adalah Dahaka. Namun jika anda tidak berhasil menemukan seluruh extra life atau anda menemukan seluruh extra life tapi tidak mengambil water sword maka musuh terakhir yang anda lawan adalah sang Empress yang tak lain adalah….

Sandwaith, POP dan Dahaka, peristiwa ini terjadi dua kali dengan hasil yang berbeda.

Saran saya sebaiknya anda menggunakan water sword, sebab jika anda tidak menggunakan water sword musuh yang anda hadapi justru lebih susah selain itu kisahnya akan tidak nyambung dengan seri berikutnya yaitu Prince of Persia the Two Throne. Tapi pilihan ada pada anda, mau pilih yang mana atau pilih dua-duanya. Game ini mengusung tag line “you cannot change your fate” benarkah? Jawabannya ada di akhir game seri ke tiga ketika POP berkata “Most people think Time is like a river that flows swift and sure in one direction. But I have seen the face of Time, and I can tell you: they are wrong. Time is a potent firestorm”.

Jika anda memainkan game ini secara berurutan dari seri pertama dan ketiga maka anda akan memahami kisah Prince of Persia. Harus saya akui juga ada beberapa hal yang miss dalam game POP dan ini bisa menjadi celah bagi pihak Ubisoft untuk lebih mengembangkan kisah POP seperti yang terjadi pada seri ke empat yang menceritakan kisah awal POP sebelum menjadi pahlawan ataupun seri terbaru yang menceritakan kisah POP setelah mendapatkan kekuatan sand of time dan sebelum berangkat ke land of time. Cukup sekian dari saya, selebihnya biar anda yang memainkan dan menilai.

10 responses to “Prince of Persia Warrior Within

  1. pertamaxxxx
    pernah mainin game ini di PC
    sayaang ga tamat gara-gara stress mikir game play nya yg bikin otak senat-senut >.<

  2. lebih enak di pc dari pada di ps, kontrolnya lebih mudah. yang susah waktu ngelawan raja terakhir, siapapun lawannya serba susah. ane aja pake cheat. he he he sayang POP 5 the forgotten sand gak bisa main coz spek komputer gak support😦

  3. Ping-balik: Prince of Persia & Assasins Creed | Lord Ubay's Blog

  4. waktu itu beli pc gamenya yang versi ripper udah ada aplikasi cheatnya, tapi cdnya hilang dipinjam temennya ade

  5. gan kasih tau dong dimana water swordnya n tempat rahasia extra life nya

    • coba cari walk throuh prince of persia warrior within aja di internet sebab tempatnya banyak ada 9 dan lebih enak dijelasinnya secara keseluruhan di jalan ceritanya. nanti kalo udah dapet 9 extra life, water swordnya muncul di ruangan pasir waktu. boleh diambil atau dilewatin tergantung mau endingnya gimana, tapi mending diambil supaya endingnya nyambung dengan seri ke 3 the two throne

  6. Permisi gan, mau tanya nih, kalo ane baru mau mulai maen POP, mulainya dari yang mana dulu ya biar cerita nya ngalur dan ga berantakan?

    • Sand of time, kemudian warrior within & terakhir the 2 throne. Sementara the beginning & the forgotten sang itu menurut saya cerita tambahan yang dibuat setelah 3 seri sebelumnya untuk memenuhi animo para penggemar seri pop. Dari segi gameplay & ceritapun kurang menarik jika dibanding seri sebelumnya terutama warrior within yang menurut saya paling susah & paling bagus ceritanya. Assasins creed juga bagus. Ada beberapa seri ac, ac 2, brotherhood & revelation. Sebentar lagi rilis ac 3.

  7. cara menemukan jalan di southern passage gmn y?soalnya gerbang yang harusnya di hancurin oleh dahaka belum hancur waktu kmbali ke masa lalu wktu pke sand wraith.mksih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s