Arti Sebuah Nama

William Shakespear seorang tokoh asal Ingris pernah mengatakan “apalah arti sebuah nama”, begitu populernya kalimat tersebut hingga saat ini pun masih saja terdengar dan mengilhami saya untuk menulis artikel ini. Setujukah anda dengan pendapat Shakespear? Bukan saya mau sok pintar atau apa tapi mungkin kisah saya ini bisa menjelaskan bahwa pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Begini ceritanya (kismis mode):mrgreen:.

Akhir-akhir ini hp-ku sering berdering karena ada miss call dari nomor yang tak kukenal, walau tak tahu pemilik nomor tersebut tapi aku yakin dia adalah salah seorang temanku yang iseng. Mungkin karena kurang kerjaan akupun membalas miss call tersebut. Karena bosan dengan miss call aku mulai mengiriminya sms, ternyata dia pun membalasnya hingga akhirnya dia mengajakku untuk bertemu. Meskipun awalnya enggan tapi ku terima ajakannya untuk bertemu, aku hanya mengikuti permainannya toh lambat laun akan ketahuan siapa temanku yang iseng itu dan saat bertemu akan kujitak kepalanya.

Ketika waktu pertemuan tiba apa yang ku duga benar-benar berbeda dengan apa yang terjadi. Tak ada seorang pun ditempat itu yang ku kenal, yang ku dapati adalah dua orang gadis remaja yang tidak cantik juga tak jelek. Gadis pertama berperawakan cukup tinggi sekitar 160 cm, rambutnya panjang dengan kulit putih, gadis kedua tak setinggi gadis pertama dan dari segi fisikpun ia tak lebih cantik. Ku pikir ini pasti semacam trik atau hal-hal semacam itu, aku juga tak mau terlalu berharap. Bisa saja mereka orang suruhan temanku, tapi ternyata bukan dan orang yang mengajakku bertemu adalah gadis pertama.

Meskipun senang tapi aku bersikap tenang cenderung cuek, aku tak mau dia tahu apa yang ku rasakan karena aku lelaki. Apakah ini suatu kebetulan atau memang suratan takdir (wah lebay deh), hingga aku bisa berkenal dengannya. Namanya Lili, seperti nama bunga dan keduanya sama-sama indah. Dia tersenyum ketika tahu nama yang ku berikan untuknya di hp adalah “Mr X”, ku ceritakan saja apa adanya kenapa namanya di hp-ku adalah Mr X. Ketika aku hendak mengganti nama Mr X menjadi Lili, ia mencegah dengan alasan nama Lili terlalu biasa, ia tak mau menjadi biasa seperti yang lain. Ya sudah tak masalah tapi jika bukan Lili lantas apa, dia pun menjawab “si Centil”.

Sejak saat itu Mr X yang misterius dan suka miss call berubah menjadi Si Centil yang perhatian, dan sejak saat itu pula kami semakin dekat. Aku dan Lili cukup dekat tapi Lili bukan satu-satunya gadis yang dekat denganku, masih ada gadis lain yang dekat denganku dan salah satunya adalah Cindy (sebut saja demikian). Mungkin bukan sebuah kebetulan ketika Cindy meminjam hp-ku dan menemukan nama Si Centil di daftar pesan masuk. Aku sudah berusaha tenang ketika menjawab “dia” itu “teman” namun masih saja aku terlihat gugup, terlebih ketika Cindy membaca isi pesan Lili tepat di hadapanku. Tidak mesra tapi juga tak biasa untuk ukuran seorang teman.

Sekedar Ilustrasi, penampakan Lili seperti apa:mrgreen:

Entah apa yang Cindy rasakan dan apa yang ada di pikirannya tapi sikap Cindy sama sekali tak berubah, kami masih dekat seperti sebelum peristiwa itu terjadi. Mungkin Cindy percaya, boleh jadi ia tak mau ambil pusing tentang siapa si Centil atau aku yang bodoh dan tak mengerti perasaan wanita, apapun itu yang penting tak merusak hubungan kami.

Berdasarkan kisah itu terlihat bahwa nama memiliki arti tersendiri bagi Lili. Ia tak mau dirinya di beri nama Mr X bahkan ia tak mau namanya tertulis apa adanya seperti yang lain, ia ingin tampil berbeda dengan nama si Centil. Sebaliknya dengan Cindy, bukan nama yang menjadi perhatiannya tapi orang yang disebut si Centil yang menjadi perhatiannya.

Pastilah ada alasan hingga Shakespear membuat pernyataan seperti itu, mungkin suatu peristiwa yang berkesan yang tidak saya tahu. Anda boleh setuju ataupun tidak dengan pernyataan Shakespear tersebut sebab seperti halnya saya, anda memiliki pertimbangan sendiri. Jadi biarlah anda yang menilai.

4 responses to “Arti Sebuah Nama

  1. Bisa minta nocan si centil gan?hehehehee…

  2. hush… kabar terakhir dia udah nikah.

  3. apoe ea arti dr nmo q

Tinggalkan Balasan

