Ngaji yuk (Q.S. Ar Ra’d : 1-3)

1. Alif laam raa, inilah ayat-ayat kitab suci Al Qur’an. Apa yang tercantum di dalamnya adalah benar dari tuhanmu, akan tetapi kebanyakan manusia tidak mau beriman.

2. Allah yang meninggikan ruang angkasa tanpa tiang yang dapat kamu lihat, kemudian Ia bersemayan di atas Arsy-Nya. Dan Ia mengatur jalannya Matahari dan Bulan, masing-masing beredar sesuai waktu yang ditentukan. Dialah yang mengatur segala sesuatu, menerangkan tanda-tanda (kekuasaan-Nya), agar kamu yakin pada hari pertemuan dengan tuhanmu.

3. Dan Dialah yang telah membentangkan Bumi, dan diciptakan-Nya di Bumi itu gunung-gunung dan sungai-sungai. Dan diciptakan-Nya padanya tumbuh-tumbuhan yang berpasangan. Dia yang mengatur pertukaran malam dan siang. Sesungguhnya yang demikian adalah tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.

Penjelasan :

1. Allah bersumpah atas diri-Nya untuk menunjukkan bahwa apa yang tercantum dalam kitab ini (Al Qur’an) adalah benar dari Allah. Ada banyak petunjuk di dalam Al Qur’an namun kebanyakan manusia kufur dan tidak mau beriman kepada Allah.

2. Allah dengan kekuasaan-Nya mampu menciptakan dan meninggikan langit tanpa tiang dan yang demikian adalah salah satu tanda kekuasaan-Nya. Matahari dan Bulan beredar (bergerak) pada porosnya, hal ini membantah apa yang menjadi paham manusia kebanyakan bahwa Matahari adalah diam dan menjadi pusat tata surya. Manakah yang lebih benar antara pernyataan manusia yang mahkluk ciptaan dengan pernyataan Allah sang Maha Pencipta? Segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah, yang demikian adalah tanda-tanda agar manusia percaya bahwa hari kiamat ada dan pasti terjadi.

3. Allah menciptakan Bumi beserta isinya seperti gunung dan pepohonan, Allah pula yang mengatur pertukaran siang dan malam agar manusia berfikir betapa besar kekuasaan Allah. Hal ini menandakan sebagai manusia hendaknya kita senantiasa menggunakan akal fikiran kita, sebab dengan berfikir kita bisa menyadari betapa besar kekuasaan Allah. Hal ini dapat anda simak sebagaimana yang terjadi dalam kisah nabi Ibrahim a.s. yang menyadari tidak ada yang berhak disembah selain Allah. Bukan bintang, bulan ataupun matahari karena semua itu adalah mahkluk ciptaan Allah. Dalam beberapa ayat lain Allah pun menerangkan bahwa manusia yang berfikir (berilmu) ditinggikan beberapa derajat.

Saya rasa cukup demikian untuk saat ini, apa yang benar datangnya dari Allah dan yang salah dari saya. Semoga apa yang saya sampaikan bisa berguna bagi kita secara umum dan saya pribadi khususnya. Maaf bila yang saya sampaikan hanya tiga ayat, hal ini dikarenakan kemampuan saya yang sedikit dan masih dalam tahap belajar. Semoga kita senantiasa dalam lindungan dan petunjuk Allah. Amin, wa sallam.

Sampaikanlah, walau hanya satu ayat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s