Penyakit (paling) Berbahaya

Menurut anda apa penyakit yang paling berbahaya? Kanker, AIDS, TBC atau yang lainnya. Memang benar penyakit-penyakit tersebut berbahaya bisa menyebabkan kematian tapi setelah itu apa, setelah penderita meninggal ya sudah selesai. Ada penyakit lain yang jauh lebih berbahaya yaitu penyakit batin / qalbu.

Penyakit batin memang tidak menyebabkan kematian tapi penyakit batin bisa menimbulkan penyakit fisik yang berakibat pada kematian. Berbeda dengan penyakit fisik, penyakit batin sulit dideteksi oleh penderitanya. Dampak terburuk dari penyakit fisik adalah kematian sementara dampak buruk dari penyakit batin adalah menjerumuskan penderitanya ke dalam neraka. Tidak ada dan tak akan pernah ada orang masuk neraka karena mengidap penyakit jantung, tumor dan penyakit fisik lain tapi betapa banyak orang masuk neraka karena penyakit batin seperti iri, dengki, riya dan sebagainya.

Ada berbagai macam penyakit batin, kali ini saya akan coba membahas beberapa penyakit batin yang saya ketahui.

1. Iri, adalah perasaan cemburu terhadap kebaikan yang didapat orang lain dan ingin agar kebaikan tersebut beralih pada dirinya.

2. Dengki, perasaan tidak suka terhadap orang lain. Bila orang lain memperoleh kebaikan ia merasa susah sementara ketika orang lain mengalami kesusahan ia justru merasa senang.

3. Munafik, sifat jelek yang menjadi musuh Islam sejak dulu. Berbeda antara apa yang dikatakan dengan yang dilakukan bahkan perkataan di satu waktu berbeda dengan yang dikatakan di lain waktu. Kebanyakan orang munafik pandai dalam bicara jadi waspadalah terhadap orang yang pandai bicara.

4. Riya, musuh atau kebalikan dari ikhlas. Melakukan perbuatan karena ingin dipuji dan sebagainya, penyakit ini dapat menghapus segala amalan kebaikan.

5. Takabur atau sombong, Menganggap bahwa dirinya lebih baik daripada orang lain.

6. Ujub, merasa bangga pada diri sendiri. Berbeda dengan sifat takabur, orang yang mengidap ujub tidak menunjukkan sikap sombong namun demikian ia merasa bahw dirinya adalah lebih baik daripada orang lain.

Demikian beberapa penyakit batin yang saya ketahui, sekali lagi saya tegaskan bahaya penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian tapi penyakit ini mampu menggiring penderitanya ke dalam neraka. Di dalam diri setiap manusia ada segumpal daging yang apabila baik (segumpal) daging tersebut maka baiklah seluruh dirinya namun apabila buruk (segumpal) daging tersebut maka burukklah seluruh dirinya. Segumpal daging tersebut adalah jantung / qalbu, maka itu berhati-hatilah menjaga qalbu.

3 responses to “Penyakit (paling) Berbahaya

  1. izin menyimak…
    penyakit hati ibarat bibitnya sudah ada akarnya dan akan tumbuh……harus kita pangkas terus,,,,
    kalo nggak salah…

  2. kalo kata pak ustad harus ikhlas supaya ngak mengidap penyakit macam itu, ayo kita belajar ikhlas😀

  3. Please let me know if you find a good STD dating web site for people with herpes or HIV. Carol Lewison

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s