Berkurban Yuk

Sejak beberapa bulan yang lalu niat untuk berkurban pada Iedul Adha tahun ini sudah ada dan alhamdulillah terlaksana. Alasan kenapa saya mau berkurban ya kenapa tidak, setiap bulan saya menerima pendapatan tak kurang dari empat juta rupiah jadi mengeluarkan uang satu jutaan bukan suatu masalah besar lagi pula tidak setiap bulan. Terus terang saya tidak tahu harga pasaran kambing berapa tapi sebagai patokan saya menggunakan sebuah hadist. Mungkin banyak yang bertanya memang ada ya hadist tentang harga kambing, ya ada meskipun tidak secara gamblang. Salah satu hadist mengisahkan ada seorang sahabat yang meminjam 1 dinar (emas seberat 4,25 gram) kemudian digunakan untuk membeli kambing.

Berdasarkan hadist tersebut bisa diambil kesimpulan harga wajar seekor kambing setara dengan harga emas seberat 4,25 gram. Dan memang harga kambing di pasaran berkisar 1,5 jutaan, asumsi 1 gram emas Rp 400.000 jadi ya cocoklah. Hebat ya dari zaman Rasul sampai zaman sekarang harga kambing adalah tetap (1 dinar), yang berubah adalah nilai tukar mata uang. Yang belajar ekonomi mesti mengerti tapi yang tidak mengerti ya sudah, saya tidak akan membahasnya di sini lagi pula saya belum cukup ahli.

TKP tempat pembelian kambing kurban.

Setelah survey dibeberapa tempat akhirnya saya menemukan tempat penjualan kambing yang harga dan kambingnya sesuai dengan keinginan saya. Lokasinya di dekat pasar gembrong jalan kampung melayu fly over. Awalnya si kambing dihargai Rp 1,65 juta kemudian turun menjadi Rp 1,55 juta termasuk ongkos kirim dan biaya penitipan, harganya memang relatif sama dengan tempat lain tetapi ukurannya masih lebih besar. Saat transaksi saya tidak banyak tawar cukup mengatakan “jadi harga pasnya berapa?”, malu lah kalo nawar-nawar apalagi sampe afgan. Beli hp di mall saja ngak pake nawar masa iya beli kambing kurban untuk ibadah ditawar-tawar, apa kata malaikat hi hi hi:mrgreen:.

Bapak penjual kambing, senyum dong pak meskipun ngak masuk koran atau tv tapi kan lumayan masuk blog he he😉

InsyaAllah tahun depan mau kurban lagi dan jika punya rejeki yang cukup maunya pergi haji he he he doain aja. Untuk rekan-rekan yang memiliki kelebihan rejeki sudah kurban belum? Untuk yang rejekinya pas-pasan jangan berkecil hati, nabung saja dari sekarang sebulan Rp 100.000 setahun Rp 1.200.000 masih kurang juga ya😦 yo weist ngak usah sedih yang penting kan sudah niat.

Saat eksekusi, mudah-mudahan ngak sadis.

Tinggalkan Balasan

