Gila Bola

“Garuda di dadaku, garuda kebanggaanku…” akhir-akhir ini lagu dari grup Netral tersebut sering terdengar karena memang saat ini rakyat Indonesia sedang dilanda gila bola. Bukan piala dunia apa lagi piala Eropa tapi piala Suzuki AFF yang jadi alasannya. Wajar saja memang sebab rakyat Indonesia memang terkenal cukup antusias terhadap olah raga ini apa lagi timnas Indonesia tampil, di kandang sendiri pula.

Ada yang berbeda dengan timnas saat ini, selain pelatih baru juga ada beberapa pemain baru Cristian Gonzales misalnya. Sejak penyisihan grup sampai semi final timnas tampil trengginas, dua kali menang telak kala bertanding melawan Malaysia dan Laos masing-masing dengan skor 5-1 dan 6-0 dan mampu mengalahkan Thailand 2-1. Hasil positif ini tentu saja membuat para supporter gembira, bahkan yang tadinya tidak tahu dan tidak suka bola mendadak gila bola.

Jika kita lihat televisi mulai dari acara gossip sampai berita isinya tentang sepak bola piala Suzuki AFF. Masyarakat dari yang muda sampai yang tua terutama wanita tiba-tiba jadi hapal nama pemain bola apa lagi Irfan Bachdim (kalah Irfan Mansyur :mrgreen:). Begitu antusiasnya masyarakat dan media sampai-sampai event internasional lain (kejuaraan dunia pencak silat) kalah bersaing dalam hal pemberitaan, tak terkecuali masalah-masalah lain seperti hukum, sosial dan sebagainya.

Saya sendiri tidak terlalu masalah tapi menurut saya apakah tidak berlebihan. Saya khawatir ini hanya sebuah pengalihan dan euphoria sesaat. Saya berandai-andai bagaimana jika penampilan trengginas timnas berakhir anti klimaks dikalahkan Malaysia di final? Tentu saja saya tidak mengharapkan demikian tapi hal tersebut suatu hal yang mungkin dan bagaimana bila hal tersebut terjadi? Kerusuhan adalah suatu hal yang niscaya, apa memang benar yang dikatakan bahwa Indonesia itu jika menang egois, kalah anrkis. Semoga saja tidak demikian, jayalah Indonesia.

3 responses to “Gila Bola

  1. yang saya khawatirkan terjadi, tadi malam timnas kalah. pemberitaan dan pengharapan yang berlebih jadi bumerang, saya ingin mebuat sebuah artikel membahas mengenai hal ini tapi sudahlah. sudah terlalu banyak pemberitaan tentang timnas mulai dari acara gosip sampai berita nasional.

  2. hi.. Please visit my blog for order Jersey..very cheap n good quality… http://www.jerseyssoccershop.blogspot.com/

  3. harus sportif kalo indonesia klh dr malaysia itu karna curang terima aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s