Emak, Ibu, Mama

Tanggal 22 Desember diperingati sebagai hari ibu, entah sejak kapan dan apa yang mendasarinya aku sama sekali tidak tahu. Dua puluh tahun lebih aku hidup di dunia ini tapi rasanya tak pernah sekalipun ku ucapkan selamat hari ibu untuk emak. Apakah aku termasuk anak durhaka karena tak pernah mengucapkan kalimat tersebut? Mungkin aku bukan anak yang berbakti tapi rasanya aku juga bukan anak durhaka.

Emak (baju merah) bersama teman-temannya.

Aku tak pernah bisa mengungkapkan dengan baik apa yang kurasakan, sejujurnya aku tak tahu apa yang akan ku lakukan setelah mengucapkan selamat hari ibu. Ya aku memang bodoh namun bukan berarti aku tidak sayang emak. Aku yakin emak pun tahu dibalik sikap ku yang demikian aku menyayanginya.

Emak sudah meninggal tapi rasa sayang itu masih dan akan tetap ada karena rasa sayang ke emak bukan cuma sekedar kata “selamat hari ibu” di tanggal 22 Desember. Mungkin sudah terlambat bagiku untuk mengucapkan selamat hari ibu karena emak sudah meninggal lagi pula sekarang bukan tanggal 22 Desember. Ya kalian boleh saja menyebutku bodoh atau yang lainnya tapi seperti ku katakan sebelumnya bahwa rasa sayang ke emak masih dan tetap ada meskipun emak sudah meninggal, walaupun sekarang bukan tanggal 22 Desember.

Aku memang tak bisa mengucapkan selamat hari ibu lagi untuk emak tapi aku masih bisa mengirimi emak doa yang jauh lebih berguna dibanding kata selamat. Bukankah doa anak terhadap orang tuanya termasuk amal yang tidak terputus. Jangan pernah berkecil hati hanya karena kalian tidak mengucapkan selamat hari ibu di hari ibu karena bagi ibu kalimat tersebut hanya satu dari sekian banyak cara untuk membuatnya bahagia. Jika orang tua kalian sudah meninggal jangan lupa untuk mengiriminya doa, baik di saat senang maupun sedih. Demikian, semoga berguna.

3 responses to “Emak, Ibu, Mama

  1. PB aka Penunggang Byson

    pertamaxxxx

  2. PB aka Penunggang Byson

    simbaok mana?

Tinggalkan Balasan

