Ngaji yuk, Perkara Solat

Di dalam Al Qur’an Allah berfirman yang artinya “tidak Ku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah Ku”. Dari waktu 24 jam yang diberikan Allah kepada kita, Allah hanya memberikan kewajiban solat 5 waktu yaitu Maghrib, Isya, Subuh , Zuhur dan Ashar. Setiap solat apa bila dilakukan membutuhkan waktu tak lebih dari 10 menit namun sayangnya tidak sedikit manusia yang tak kuasa menunaikannya dengan berbagai alasan.

Tidak sedikit manusia dengan sengaja meninggalkan solat karena alasan yang sebenarnya sepele seperti sibuk, tidak ada air, pakaian kotor dan sebagainya. Padahal ada banyak dalil yang mengatakan betapa besarnya dosa yang ditimbulkan akibat sengaja meninggalkan solat, bahkan ada ulama yang berpendapat barang siapa meninggalkan solat dengan sengaja sesungguhnya ia telah kafir.

Lantas bagaimana dengan orang yang tidak solat karena lupa atau tertidur? Rasul saw. Bersabda yang artinya “Barang siapa yang tertidur sehingga luput dari shalat atau dalam keadaan lupa, maka hendaklah ia shalat ketika ia ingat dan tidak ada kafaroh (tebusan) selain itu.” (HR. Bukhari, dan Muslim ). Seandainya kita tertidur sehingga tidak solat Ashar dan baru terbangun di waktu Magrib maka kita tetap wajib melaksanakan solat Ashar setelah solat Magrib jadi tidak ada alasan tidak solat hanya karena telah lewat waktu.

Sebagai manusia kita tidak pernah luput dari yang namanya alpa atau keteledoran. Allah memberikan kita kemudahan karena Islam bukan agama yang sulit, sayangnya justru kita sering mempersulit diri sendiri. Semoga berguna.

One response to “Ngaji yuk, Perkara Solat

  1. Ping-balik: Jalan-jalan ke Glodok | Lord Ubay's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s