Bea Cukai dan Pajak bukan Anjing

Saat sedang santai tidak ada kerjaan maka salah satu yang saya lakukan adalah browsing buka kaskus dan lagi-lagi saya dipertemukan dengan alay di kaskus yang sepertinya kian hari kian bertambah jumlahnya. Salah satu alay di kaskus yang saya temuai adalah Best.Than.U dengan artikelnya yang berjudul “Anjink bea cukai / pajak di indonesia…”. Weleh-weleh ada apa gerangan tanyaku dalam hati. Tatkala saya membaca isi artikel tersebut saya pun menggelengkan kepala.

Rupanya dia marah dengan Pajak dan Bea Cukai, alasannya adalah motor dengan merek dan tipe yang sama harganya berbeda. Di Indonesia motor tersebut dihargai sekitar Rp 30 jutaan sementara di Malaysia harganya sekitar Rp 15 jutaan. Oalah kirain apa ternyata itu toh sebabnya. Setahu saya hal tersebut telah berlangsung sejak lama tapi sepertinya dia baru tahu dan langsung ngoceh tidak karuan sekarang. Memang Pajak, Bea Masuk, Cukai dan pungutan negara lain berperan serta dalam penetapan harga pasar tapi apakah lantas Pajak dan Bea Cukai adalah pihak yang bisa disalahkan atas mahalnya harga barang?

Saya petugas Bea Cukai, insyaAllah tidak brengsek :D.

Analoginya adalah jika ada orang mengendarai mobil kemudian ia menabrak, maka siapakah yang pantas disalahkan atas kejadian tersebut? Pengemudi atau mobilnya? Tentu saja pengemudi karena mobil hanyalah alat yang digunakan oleh pengemudi. Begitu juga Bea Cukai dan Pajak, itu hanyalah sebuah institusi yang menjalankan tugas yang diamanatkan melalui UU dan peraturan lainnya.

Pajak dan pungutan negara lainnya setidaknya mempunyai 2 (dua) fungsi utama yaitu budgeter dan regular. Fungsi budgeter artinya pajak sebagai sumber penerimaan negara untuk membiayai segala kebutuhan negara seperti gaji pegawai, pembangunan infrastruktur dan lainnya. Sementara fungsi regular adalah pajak digunakan sebagai alat untuk mengatur atau mensuport kebijakan pemerintah. Contoh, konsumsi terhadap suatu produk luar negri begitu tinggi sementara hal ini membahayakan industri dalam negri. Untuk melindungi industri dalam negri maka pemerintah menerapkan pajak yang tinggi untuk produk tersebut, hasilnya banyak yang demo karena masyarakat harus mengeluarkan uang yang banyak untuk mendapatkan produk luar negri tersebut. Mereka tidak tahu alasan pemerintah memberikan kebijakan demikian adalah untuk melindungi dan mendorong masyarakat untuk membeli produksi dalam negri yang lebih murah.

Sekarang coba kita lihat contoh yang diberikan alay tersebut dengan keadaan sebenarnya. Dengan harga kendaraan yang cukup tinggi saja jalanan sudah padat dan macet oleh kendaraan, apa lagi jika harga kendaraan lebih murah bisa-bisa semakin banyak orang yang memiliki kendaraan. Jika semua orang memiliki kendaraan karena harganya yang murah entah seperti apa kondisi jalan raya saat ini dan bagaimana suasana rumah karena penuh dengan kendaraan. Demikian dari saya semoga berguna.

Iklan

87 responses to “Bea Cukai dan Pajak bukan Anjing

  1. Udah…,gak usah ditanggepin…
    Anggep aja kayak DPR kita yg otaknya sekecil teri tp mulutnya segede singa…

  2. iya sekarang memang orang tidak hati2, lebih bijak jika menyebut oknum saja….karena tidak semua orang pajak seperti gayus…..

    sukses bro buat kerjaannya 😀

  3. mudah-mudahan tidak seperti kata pepatah ; karena nila setitik rusak susu sebelanga.

  4. nice artikel…..blogwalking

  5. TAPI TIDAK MENUTUPI FAKTA BAHWA BANYAK, SANGAT BANYAK OKNUM (MASI BISA DISEBUT OKNUM NGGA YA SAKING BANYAKNYA?) PETUGAS BEA CUKAI YG KORUP,CURANG DALAM PEKERJAANNYA..

    • Banyak… Kata” yang sangat abstrak dan tak terukur. Emosional yg tak bertanggung jawab. Kalau memang ada data-data dan buktinya silahkan Buat laporan secara konkrit yang tidak hanya menuduh sembarangan karena hukum tidak hanya berlaku satu sisi.

  6. ya memang tapi sudahkah anda membuka link kaskus yang saya berikan tadi? tidak relevan sekali yang dinyatakan dalam tulisannya itu. bacalah artikelnya tinggal klik otomatis tersambung.

  7. Mas,saya mau nanya dong..kalo barang harga beli dan shippingnya US$127 ntar kena pajaknya di indo berapa ya?.barangnya 1 pcs sepatu kulit .
    Mau nanya lagi,barang saya ditahan di bea cukai bandung,katanya invoicenya hilang,dan saya harus bawa invoice untuk bisa ngambil barangnya.gimana kalo misalnya saya ngga bisa dapetin invoicenya dari penjual tempat saya beli dulu.barangnya bisa diambil ngga dari kantor bea cukai tanpa invoice?bakal kena charge tambahan ngga?

    Terakhir,saya ditelfon sama orang yg ngakunya petugas bea cukai bandung,dia nawarin “Bantuan” buat ngeluarin barang saya tersebut.sebaiknya saya gimana ya?
    Mohon bantuannya,baru pertama kali mesen barang dari luar dan langsung kena masalah gini.

    Makasih,Wassalam.

  8. barangnya kirim via pos ya? untuk barang2 kiriman diberikan kompensasi sebesar US$250, maksudnya barang sampai dengan nilai US$250 dibebaskan dari pungutan negara. jadi jika harga sepatu kurang dari US$250 tidak dikenakan pungutan namun jika harganya lebih dari US$250 maka yang dikenakan adalah selisih lebihnya. misalkan harga sepatu US$300 maka nilai dasar perhitungannya adalah US$50 (300 – 250). untuk nilai barang sendiri dibuktikan dengan invoice / kuitansi namun jika tidak ada invoice / kuitansi maka menggunakan tata cara penilaian yang wajar oleh [petugas. ada beberapa metode yang digunakan, antara lain barang identik, serupa dst.

    namun jika saya lihat kondisinya kayaknya udah ada gejala ngak bener tuh, kalo bener sih menurut saya ngak besar koq yang perlu anda bayar. anggap aja nilai sepatu anda 500ribu (setelah dapat kompensasi US$250). anggap kena BM tertinggi 15% maka perhitungannya

    BM = 15% x 500.000 = 75.000
    PPn = 10% x (500.000 + 75.000) = 57.500
    PPh = 7.5% x (500.000 + 75.000) = 43.125

    total yang perlu dibayar = Rp 175.625

    mo bales lewat email tapi alamat emailnya ?

  9. terimakasih mas tanggapannya..

    barang dikirim lewat pos (dari inggris, pake royal mail). Alhamdulillah saya tidak terkena pajak (karna memang harga barang dan shipping dibawah $50, ketentuannya gitu kan? ). Hanya saja, saya memang harus sedikit ber-argumen dengan kepala bea cukai sini mengenai harganya dan mengenai masalah ketidakadaan invoice. Masalah invoice terutama, padahal seller saya sudah memasukkan invoice, dan juga ada stiker ditempelin di box barang yang isinya seperti invoice (harga barang, berat barang). Ntah kenapa sampai disini invoice katanya hilang. Mungkin karna melihat saya masih mahasiswa petugas disana akhirnya percaya dan akhirnya saya dibebaskan dari pajak. Hanya cukup membayar biaya pos 7000 rupiah.

    Pengalaman berharga nih belanja dari luar, biaya pajak masuk memang harus diperhitungkan. Apalagi kalo barangnya mahal ya,hehe.

    Terimakasih mas tanggapannya, sukses terus, semoga tetap jadi pegawai bea cukai yang jujur.

    Wassalam

    • sip sama-sama, senang bisa membantu kebetulan sya pernah tugas di kantor pos. tambahan aja untuk setiap barang kiriman dari luar diperiksa oleh petugas BC didampingi pemilik barang atau perwakilannya (biasanya petugas pos) jika barang tidak kena PDRI (pungutan dalam rangka impor) maka barang bisa langsung dikirim ke penerima namun jika barang kena PDRI barang ditahan sampai dilunasi oleh pemilik. jika tidak dilunasi setelah masa waktu tertentu maka barang menjadi milik negara (disita).

      seringkali masyarakat keberatan untuk membayar PDRI sementara disisi lain BC diberikan target penerimaan dan PDRI sendiri bertujuan untuk melindungi industri dalam negri.

      wa sallam

  10. Mas,saya mau nanya boleh kan..kalo barang harga beli dan shippingnya US$146.92 ntar kena pajaknya di indo berapa ya?.barangnya 1 pcs sepatu kulit .
    bararangnya sudah ada di bandung tapi petugas beacukainya bilang kalau pajak nya sebesar Rp.1.700.000,- katany termasuk barang mewah….
    apakah itung2an pajakny segitu apa petugasny nakal,soalny pajakny lebih mahal dari harga sepatunya…
    Mohon bantuannya mas,saya awam dan baru pertama kali mesen barang dari luar …….

  11. contoh perhitungannya sudah ada di atas. sekedar tambahan untuk barang kiriman penetapan nilai pabean memang agak sulit maka biasanya ditetapkan berdasarkan profesional judgment petugas. jika anda punya bukti kuitansi / invoice barang ajukan aja sebagai dasar penetapan bea masuk dan pajaknya. kadang petugas sengaja menetapkan pungutan negara yang tinggi dengan maksud melindungi industri dalam negri supaya besok-besok ngak beli dari luar negri tapi dari dalam saja. semoga berguna

  12. Ping-balik: Bea Cukai Bukan Superman | Lord Ubay's Blog

  13. Mas mau tanya.. saya beli mau beli motor trail buat balap.. di luar harga nya $1500 ( barang bekas) belum termasuk shipping.
    Itu kena pajak nya berapa yah?

    • perhitungannya sama seperti contoh di atas yang beda tarifnya Bea Masuknya aja untuk kendaraan bermotor berapa, mungkin 15%. tapi nilai pabean dasar perhitungannya bukan $1500 saja tapi ditambah biaya kirm dan asuransi. yang lebih penting lagi iinnya itu bro, contoh karena bukan barang baru maka perlu izin perindag dan impor bukan baru dan impor tanpa API. untuk gampangnya lewat forwarding aja jadi terima beres barang sampe rumah tapi memang biaya jadi lebih mahal dan jangan asal pilih forwarder sebab pernah ada kasus penipuan oleh forwarder.

  14. Terimakasih tanggapannya.. benar2 membantu.
    Oh iya kalau saya beli motornya tanpa mesin apa perlu izin import juga? Karena mau saya pasang mesin rakitan sendiri. Kalau mesin bawaannya, saya susah cari sparepartnya.

    • tetap perlu izin dari perindag untuk pemasukan barang bukan baru, malah untuk kendaraan bermotor perlu NPIK (nomor pokok importir khusus) kalo kita di BC sepanjang ijin sudah lengkap ya ngak masalah, khawatirnya barang sudah masuk tapi tidak bisa dikeluarkan karena izin yang belum lengkap.

  15. hmmm… gitu toh… ok deh.. tks bgt infonya.. saya lengkapi dulu dokumen2 nya.. =)

  16. Gan, mw tanya, tadi cek DETAIL HS 8512201000 ada tulisan harus ada label berbahasa Indonesia, kl beli cm 2 set buat dipake sendiri, apakah harus ada bahasa Indonesia jg yah?
    ato itu cuman buat penjual doank? makasih yak…

    • barang kiriman pos ya? seharusnya ngak masalah sebab untuk pemakaian pribadi

      • iyah kiriman pake EMS. takut aja tar distopin krn ga ada bahasa Indonesia nya. Cek di eservice ada tulis gitu soalnya. Tp buat pake pribadi doank koq. Ga masalah ya gan? Thanks yak

      • ngak masalah, nanti kan sama petugasnya dikasih formulir berisi rincian pungutan yang harus dibayar apa dan berapa. dulu ane sering periksa barang kiriman via pos. contoh perhitungannya udah ada kan jadi bisa diperkirakan sendiri.

  17. Jadi gi mana nasib motornya…!!!!!!

  18. Mas, aku mau tanya.
    Aku mau dikirimi hadiah dari saudara berupa sekotak sepatu baru, ndak tau harganya, itu nanti kena pajak juga? Dan aku dengar, karena sepatu itu barang mewah, kena tambahan pajak 40%? Aku sampai panik, ndak punya duit kalau harus bayar mahal cuma buat sepatu jadi mau aku tolak aja hadiahnya, walau ndak enak hati, wong orang udah baik mau kasih hadiah trus ditolak. Karenanya mau tau dulu kepastiannya benar tidaknya =…

    • pada prinsipnya semua barang itu dikenai pajak & untuk barang-barang tertentu yang masuk kategori barang mewah selain dikenakan PPh, PPn juga dikenai PPnBM (pajak pertambahan nilai barang mewah) pertanyaannya apa iya sepatu termasuk barang mewah? mewah atau tidaknya barang bisa diketahui dari barang itu sendiri contoh mobil. untuk mobil angkutan dan mobil sport tentu pungutan pajaknya akan berbeda sebab meskipun sama-sama mobil yang 1 barang mewah dan 1-nya lagi bukan. nah sepatu yang dikirim itu apakah termasuk barang mewah? lihat sepatunya dulu, jika memang bukan sepatu biasa (ada emasnya misalnya), harganya mahal ya bisa dikenakan PPnBM sebab bukan sepatu biasa.

  19. “Begitu juga Bea Cukai dan Pajak, itu hanyalah sebuah institusi yang menjalankan tugas yang diamanatkan melalui UU dan peraturan lainnya.”

    negara hukum yang hancur karena hukum. istilahnya babi mati karena kekenyangan
    😀

  20. saya saat ini menetap di Norway untuk sementara, dan memutuskan untuk menetap lg di Indonesia akhir Juli 2012.
    saya rencanyanya mau kirim sebagian barang2 pribadi (pakaian, sepatu, tas) mulai dari akhir bulan ini(dicicil, ongkirnya lumayan mahal soalnya).
    kalaupun barang2 itu bekas pakai jg kan nilainya pasti lebih dari $50 dan tentunya tanpa invoice.
    apa barang2 itu kena pungutan jg?
    mohon pencerahannya 🙂

    • untuk barang-barang seperti itu (pindahan) maka impornya menggunakan PIBK. nanti dilampiri dokumen pelengkap seperti dari kedutaan dll, untuk harga bisa menggunakan perkiraan total harganya dalam pemberitahuan nilai barang dan nanti akan dilihat / di cek barang-barangnya apakah wajar atau tidak. berdasarkan hasil pemeriksaan itulah akan ditetapkan apakah tidak dipungut, dipungut atau dipungut sebagian.

      tapi jika pengirimannya dicicil maka akan menjadi barang kiriman biasa bukan barang pindahan. sudah saya buatkan artikelnya, mengenai di pungut atau tidak itu tergantung penilaian petugas yang memeriksa barang.

      • thx reply nya..
        PIBK itu apa yah (maaf, ga terlalu paham istilah soalnya 😀
        hmmm artikelnya yg mana yah..
        agak susah untuk pengiriman jumlah besar disini, karena kantor pos disini sudah menyediakan kotak khusus untuk pengiriman luar negeri (dimensi 50x30x20)
        kalo tidak menggunakan box yg sudah disediakan, biayanya jadi 3x lipat..
        bisa diinfokan surat2 yg dibutuhkan dari embassy seperti apa dan kira2 ada solusi lain ga untuk proses pengirimannya? terima kasih 😉

      • PIBK = Pemberitahuan Impor barang khusus, bukan untuk tujuan komersil, ya termasuk barang pindahan. kalo mau pindah kan ada surat laporannya. pindah kota aja ada surat pngantar rt rw setempat apa lagi pindah antar negara. tapi kalo mau di kirim via ems saya rasaitu lebih praktis dari pada ngirim via ekspedisi. ada artikelnya “penyelesaian barang luar negri via ems” kalo ngak salah semoga berguna

  21. an

    sbg pejalan kaki ane setubuh eh setujuh
    bahwa pajak utk kendaraan bermotor dan barang mewah lainnya dipajak tinggi2 tapi ya duitnya bener2 buat pembangunan.
    yg saya tidak suka itu, pajak indo tinggi tapi rakyatnya tetep miskin.
    Terus pajak buat buku impor yg berguna buat pengetahuan malah tinggi juga.

    “dari pejalan kaki yg sering ditindas mobil dan terutama motor ** SENSOR **. ane plg benci apalagi ama motor tukang ngebut.”

  22. Siang Mas, mau tanya sedikit mudah2an boleh.
    Saya beli sepatu kulit dari ebay seharga $120 plus shipping $45 via USPS. Barang saya cek di website pos indonesia sejak tanggal 9 april statusnya held by custom (spp jakarta 10900).
    1. Berapa lama prosesnya di sana?
    2. Boleh saya tau perincian yang harus saya bayar?
    3. Apakah sepatu kulit kena pajak barang mewah? Jika ya, berapa besarnya?

    Mohon bantuannya.

    • coba cek ke kantor pos tempat sepatunya tertahan, untuk Jakarta biasanya kantor pos pasar baru. nanti di situ ada petugas bea cukainya yang menangani barang kiriman luar negri. seharusnya pihak pos memberitahukan pemilik barang jika barangnya sudah tiba dan tertahan karena pajak dll belum dilunasi, jika tidak kena pungutan maka seharusnya langsung dikirim ke alamat penerima. sudah saya buatkan artikelnya “penyelesaian barang kiriman pos”

  23. bener2 tampan pak bea cukai satu ini..wis mbojo mas??

  24. ciayo bea cukai tampan

    UP UP UP

  25. gan kalo kita beli barang shipping pake royal mail itu kena pajak gak sih? saya dulu prnah pke royal mail gratis tuh dkirim smpek rumah, tp kmren kok temen saya kena pajak mahal banget ya????

    • itu tergantung barangnya sendiri, setiap barang kiriman luar negri akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas. petugas akan menentukan apakah barang tersebut dikenakan pungutan atau tidak, yang menjadi dasarnya adalah harga barang tersebut yang dibuktikan dengan kuitansi / invoice

  26. Masalahnya, sering sekali petugas bea cukai menetapkan harga seenak jidat jika mereka menganggap harga tidak sesuai. Mrk ga mikir kalo kita konsumen belanja di luar itu karena harganya murah sekali, malah kadang saya belanja barang 2nd yg masih bagus, sale di luar negri sana juga lebih besar potongannya, belum lagi kalau barang itu berupa KW atau replka.

    Tapi yang terjadi ketika masuk bea cukai adalah petugas kerap kali menetapkan harga tertinggi yang mereka temukan, apakah itu masuk akal?

    • itulah salah satu fungsi regulator pajak dang pungutan dalam negri lain. jika terlalu diberikan kemudahan maka konsumen akan lebih memilih untuk membeli barang dari luar negeri dari pada produk2 dalam negri. jika seperti itu industri dalam negri bisa berantakan. berfikirlah secara global / makro jangan hanya dari satu sisi konsumen saja. jika anda pelajar coba diskusikan dengan guru, jika mahasiswa diskusikan dengan dosen yang paham denga UU perpajakan dan perekonomian.

  27. mas saya mau tanya nie…??? forwarder yang biasa di mintin tolong untuk jasa pembelian motor dari luar negri apa ya namanya…..????

    dan misalnya motor dari luar negri seharga $2,200 ( BEKAS ) maka berapa totalny sampai di indonesia ( maksudnya udah termasuk pajak dan ongkos pengiriman ) terimaksih sebelumnya mas bro….. ech sekalian rinciany ya heheheh maaf awam nie bukanya alay wkwkwkwkwkw

  28. http://www.pistonheads.com/SALES/3969961.htm
    untuk lebih jelasnya ini alamat / barang yg ingin d beli bos

    • wah untuk ppjk ane ngak tahu bro dan untuk perhitungannya coba dihitung sendiri aja perkiraan berapa, kan contoh perhitungan udah ada. ane ngak sempet ngecekin 1 1 dan pada akhirnya ane ngak berwenang menetapkan sebab kewenangan ada di petugas yang menangani barang itu nantinya

  29. Kang Lordubay.
    Mau curhat sedikit nih.
    Kebetulan saya dan teman-teman biasa bareng-bareng beli barang langsung dari USA beberapa biji (1 dus isi 6) supaya hemat di ongkir dan dikirim lewat USPS.
    Sudah beberapa kali pembelian dan selalu di-“catut” (dicuri) 1 atau 2 biji sama petugas (bea cukai) yang biasa memeriksa/membuka isi dari box kiriman tersebut.
    Saya yakin sekali kalau dari sana-nya (USA) sudah jujur bahwa mereka kirim 6 buah (dilihat dari ongkir, dari berat yang saya bayar).
    Saya sudah mengadu ke kantor pos dan “katanya” sudah disampaikan juga ke “mereka”, tapi sampai sekarang belum jelas gimana nasibnya.
    Mohon informasinya, apa yang harus saya lakukan sekarang.
    Nuhun sebelumnya,

    Salam,

    • coba temuin ke petugas bea cukainya, itukan setiap pemeriksaan ada form pemeriksaan yang ditandatangani petugas BC dan Pos. di dokumen pengangkutan juga kan biasanya dicantumkan jumlah dan jenis barang jadi jika ada ketidaksesuaian bisa protes kepada petugas pemeriksanya. biar jelas juga siapa yang ngambil, dulu saya juga pernah ada kejadian serupa yang ngambil petugas pos lain yang bukan bidangnya meriksa barang bersama bea cukai. kebetulan dia suka ikut-ikutan meriksa.

      • Kang,
        Kebetulan saya tinggal di Soroako, ngga ada kantor beacukai di sini.
        Jadi, semua barang luar negeri selalu diperiksa di beacukai Makassar (600km dari Soroako).
        Apa ada nomor telp customer service/pengaduan beacukai Makassar/pusat yang bisa dihubungi?
        Terus terang, sampai sekarang masih ga jelas solusi-nya, cuma bisa mendem kesel aja.
        Ato apa memang ada aturan di bea cukai, barang di atas $50 kena pajak, di bawah $50 barang diambil…he3.
        Mohon penjelasannya, Kang.
        Thanks sebelumnya.

      • wah kalo no layanan BC makasaar saya ngak tahu. 600km terlalu jauh ya untuk ditempuh sebab jika memungkinkan sebaiknya di datangi langsung untuk konfirmasi seperti waktu saya dinas di daerah dulu. jika seperti itu maka ya tidak bisa selesai kecuali ada itikad baik dari petugasnya.

  30. bang kalo registered mail itu kena cukai juga gak sih? apa tergantung isinya atau gimana? mohon pencerahannya dong
    🙂

  31. gan saya mau nanya.tpi sebelumnya mau crta dulu supaya agan ngerti.

    saya kan beli hp lewat online, tpi tempat saya beli itu semua produknya tidak melewati bea cukai masuk indo jdi harganya murah kata yang punya toko. brang saya akan dikrim klu saya dah transfer. tpi setelah transfer barang saya blum dikrim karena katanya di tahan di bea cukai pada saat proses pengirimannya krena itu tdi produknya tidak melwti bea cukai masuk indo makanya di tahan.
    terus pihak toko menyuruh saya transfer lagi 500rb untuk uang jaminan, uang itu akan dibayar ke pihak bea cukai sebagai pajaknya,ttp setelah itu uang yg 500rb itu akn di transferkan lagi (dikembalikan) dlm wktu 10 mnt ke saya.setelah saya transfer dan saya tanya kepada dia kok uangnya blum msuk. katanya ada gangguan dan saya di suruh ke mesin atm untuk di beri panduan2 dari dia sebagai proses pengembalian uang saya yg 500rb. dan katanya lagi panduan2 itu untuk daftar kode konfirmasi buku dari rekenening dia ke rekening saya. baru barang yang di bea cukai itu bisa dikirim ke tempat saya.
    pertanyaan saya, emang benar gitu yah ? butuh daftar kode konfirmasi supaya barang yang di tahan bisa dilepas ( dikirim)?

    • itu penipuan mas, kalo ke atm nanti isi tabungannya akan dikuras.saya sendiri ngak percaya jual beli barang elektronik yang sering muncul di internet kecuali kenal penjualnya. saya juga pernah ada yang coba bohongin bilang jual hp murah coz tangkapan Bea Cukai. dia ngaku bisa jual murah sebab dia orang Bea Cukainya, lah dia ngak tahu kalo saya orang Bea cukai dan tahapan barang tangkapan hingga dilelang butuh waktu dan proses yang tidak mudah dan lama. bisa aja sih jual barang tangkapan tapi itu oknum. yah semoga Allah gantikan dengan yang lebih baik dan pasti ada hikmahnya.

  32. mo nanya dong bro… klo pla mo bandai itu sebenernya kena PPnBM gak si? soalnya saya pernah impor beberapa kali di atas $50, kadang kena PPnBM kadang engga
    satu lagi, kalo impor dari jepang itu perhitungan kena pajak atau nggaknya gimana si? apa:
    a) harga yennya dikonversi dulu ke $, setelah itu dikurangi $50 lalu dikali kurs $ ke Rp
    b) harga yennya dikonversi langsung ke Rp trus dikurangi $50
    c) atau ada perhitungan lain?
    tenkyu

  33. halo pak.. terimakasih sebelum ny atas artikel2 bpk yg sngt membatu 🙂 saya berencana ingin beli sepatu dr china tapi bayar dengan dollar kira2 $320 + ongkir $250 = $570 dan saya sudah hitung2 saya akan kena pajak $360,1 (sudah termasuk pajak barang mewah krn mrpkn sepatu). saya ingin tanya, apa saya akan kena pajak tambahan lg, krn saya mau menjual sepatu yg sudah saya beli itu?saya ingin jual via online. dan saya pernah baca (lupa pastiny dimana) bahwa sepatu akan kena pajak brg mewah kl hrg sepatu diatas 1jt/pasang. apa benar? terimakasih sebelum ny pak….. tolong dibalas yaaa..

    • Tarif pdri bisa dilihat di btki / buku tarif kepabeanan indonesia berdadarkan kode klasifikasinya. Dan bukan hanya tarif, apakah barang tetsrbut kena aturan lartas dll dapat diketahui dari hs code barang tetsebut. Nah yang sulit adalah mencari kode hs barang tersevut. Tapi untuk barang kiriman pos perhitungannya berdadarkan penetapan petugas. Jadi perhitungan yang anda tanyakan tadi akan dilakukan oleh oetugas yg memeriksa barang anda.

  34. Sebelumnya saya terimakasih dan sangat senang menemukan blog ini. saya ada permasalahan yang ingin saya tanyakan. Saya termasuk seorang pengusaha kecil yang usahanya mencari notebook bekas maupun refurbished yang masih sangat layak pakai bahkan sering nampak seperti barang baru namun dengan harga seperti barang bekas. Terutama jika saya menang lelang di eBay, pasti harganya bisa murah sekali. Yang jadi pertanyaan saya, saat ini kebetulan saya mengumpulkan barang2 hasil lelang tersebut kemudian saya kirimkan/paketkan jadi satu (lebih kurang ada 10 pcs notebook dg berbagai macam kondisi). Nah setelah tiba di indonesia, barang tersebut diperiksa oleh pihak customs seperti biasanya, tapi kali ini pihak customs beralasan macam2 (pertama kali dibilang barang saya harganya terlalu murah dan saya diminta menunjukkan invoice/bukti pembayaran dan sudah saya penuhi, kemudian alasan berikutnya karena di dokumen pengiriman terjadi salah pencantuman dikatakan disitu isinya ipad, padahal saya yakin nggak ada ipad disitu tetapi yg ada adalah notebook convertible/tablet, kemudian alasan berikutnya adalah jumlah barang yg di impor terlalu banyak dan harus ada ijin dari dinas perindustrian dan perdagangan) dan kegiatan usaha saya memang berkaitan dengan refurbished laptop2 bekas tersebut sehingga bisa digunakan kembali dengan layak dan berkualitas.

    Dan sampai saat ini barang saya masih berada di pihak customs dan tidak bisa dikeluarkan. bahkan ada satu kesempatan saya tanya lewat telpon dengan petugas customs barang saya diancam akan di ekspor kembali ke negara asalnya. Apakah tindakan tersebut wajar? dan apa yang bisa saya lakukan untuk mengeluarkan paket saya tersebut? dan berapa sebenarnya jumlah yang wajar menurut pihak bea cukai yang boleh saya impor?

    • Untuk impor barang bekas dalam jumlah yang cukup banyak seperti itu memang perlu ijin dari perindag & jika persyaratan tidak dipenuhi maka terhadap barang tersebut bisa di reekspor ke negara asalnya. Sebagai catatan juga semakin lama barang ditimbun di tps maka biaya sewanya juga semakin mahal bisa2 lebih mahal dari pada pdri nya.

  35. Lalu apakah bisa saya mengurus ijin dari diperindag setempat atas nama pribadi? dan berapa lama waktunya? apakah masih bisa ada kemungkinan barang tersebut dikeluarkan tanpa harus di re ekspor? karena mengingat ongkos kirimnya yang mahal dibandingkan dengan harga beli barangnya karena saya hanya mengandalkan pembayaran melalui kartu kredit yang limitnya hanya 5 juta. Dan penilaian jumlah yang dianggap wajar dan diperbolehkan untuk pembelian barang tersebut berapa? Karena waktu saya tanyakan ke pihak jasa pengiriman maupun ke pihak customs mereka tidak bisa memberitahukan. Terimakasih atas info nya.

    • Jika jumlah barang kiriman misalkan kurang dari atau 3 mungkin bisa diberikan kebijakan tanpa ijin lartas dari instansi terkait dengan pertimbangan untuk pemakaian pribadi & bukan komersil (jual beli) namun ini sifatnya kebijakan berdasarkan profesional judgment petugas.

      Saya mau buat tulisan tentang tata cara impor secara umum tapi belum sempat & baru buat prolog faq. Mudah2an ada waktu & sempat akan saya tulis untuk mengantisipasi masalah seperti ini.

  36. Nah, ini yang menarik mas, dan menjadi pertanyaan saya sejak lama. Dimanakah saya bisa mendapatkan referensi undang-undang nya yang berkaitan dengan impor terbatas untuk penggunaan pribadi yang berkaitan dengan barang bekas atau mesin berteknologi tinggi yang dalam kondisi masih layak pakai dan bukan merupakan barang “scrap” atau rongsokan, karena sejauh yang saya temui justru seperti UKM diberikan kesempatan untuk impor barang2 seperti ini karena bisa menghemat biaya produksi dan biaya operasional dan tetap bisa memanfaatkan teknologi canggih untuk keperluan mereka. Yang pada akhirnya tujuannya adalah meningkatkan keterampilan dan kompetensi dari UKM itu sendiri. Setidaknya itu sudut pandang yang saya tangkap, mohon pencerahannya dan pendapatnya dari sudut pandang pihak bea cukai khususnya pejabat customs dalam menentukan kebijakannya terkait ijin masuk barang2 seperti ini.

    Sekali lagi saya sampaikan terimakasih dan penghargaanya kepada mas ubay selaku pribadi yang saya anggap cukup reformatif terhadap institusi kepabeanan di Indonesia, yang di masa lalu banyak di dera kasus2 yang cukup memprihatinkan.

  37. masbro.. nanya… sya kan ada paketan EMS pos indonesia handphone 4 pcs dari USA.. nah ditahan minta ijin postel.. sya terus terang ga tau aturan ini.. setelah baca ternyata maksimal adalah 2 pcs..
    nah sya mau reekspor alias dikembalikan ke neagara asal..prosedurnya gimana ya? mohon bantuannya..

    terimakasih..

  38. Mohon pencerahannya Gan.
    Saya dari Bandung dan sekarang masih bingung nih mengenai perhitungan pajak beacukai. Saya berencana mau membeli kamera DSLR Canon D7 dari amerika.
    Yang membuat saya bingung untuk beacukai adalah harga kamera tersebut merupakan bundling sama lensa dan accesories lainnya.
    Harga Paket Cameranya adalah $1,300.36 dan Ongkos kirimnya USPS $139.80.

    Untuk informasi isi dalam paket:
    Product info package icon
    *Canon EOS 7D Body Only
    *Canon 18-55mm f/3.5-5.6 IS II Auto Focus Lens
    *Canon 55-250mm f/4-5.6 IS II Autofocus Lens
    *8GB Professional CompactFlash (CF) Card
    *Profesional Black Aluminum 72″ Tripod
    *Bower SCB1250 Pro Digital SLR Bag/Case – Large
    *318AF Digital Slave Flash For Use With Digital Or Film
    Cameras
    *Remote Switch F/Canon Digital SLR Pro Cameras (RS80)
    *Deluxe Lens Care & Maintenance Package (LCK-3S)
    *Flexible Mini Table Top Tripod
    *Universal Screen Protectors
    *Memory Card Wallet
    *Deluxe Fiber Cloth
    *Lens Pouch
    *Lens Pouch
    *CapKeeper
    *CapKeeper
    *CD Flash Fixers Image Recall Sofware – Recover
    YourDigital Images

    Saya masih bimbang dalam menetapkan hitungan buat beacukai yang harus saya bayarkan. Untuk perhitungan saya untuk beacukai adalah $382.294 = Rp.3.691.048 asumsi $1 = Rp.9655.

    ($1300.36 + Ongkir 139.80 – $50) x 0% Bm
    ($1300.36 + Ongkir 139.80 – $50) x 10% ppn
    ($1300.36 + Ongkir 139.80 – $50) x 10% PpnBM
    ($1300.36 + Ongkir 139.80 – $50) x 7.5% pph

    Untuk perhitungannya kena ppn 10% + PPnBM 10% + 7,5% pph.
    Pertanyaan saya apakah perhitungan tersebut sudah benar?

    Didalam paket kamera tersebut terdapat 2 lensa terpisah/tidak terpasang dengan kamera. Apakah 2 lensa tersebut dikenakan tambahan beacukai lagi? untuk linkwebnya http://www.rythercamera.com/catalog/…ducts_id=31740

    Saya mohon agan memberikan penjelasannya buat pertimbangan saya apakah masih lebih ekonomis beli kamera seperti ini di US atau di Indonesia. Mengingat ditambah biaya kirim dan beacukai.

    Makasih Gan

  39. Pak.. boleh nanya, kira2 perhitungan pajak untuk impor motor besar yg notabene termasuk barang mewah itu sperti apa yah?

    Sy sedang kepincut motor yg tidak ada di indonesia. Nah sy berpikir untuk membawa masuk motornya plus mengurus surat resminya..

    Jika berkenan smua penjelasan bole dikirim ke email saya nicky.nicholas@yahoo.com trims

  40. Mas saya mau tanya nih, saya kirim paket ke perancis untuk tunangan saya. Saya cek status paket tersebut “held by costums tax Rp.0”. Itu artinya paket saya ditahan di malaysia atau akan dilanjutkan kirim ke perancis? Sudah 4hari itu status pengiriman gak berubah masih held by costums di malaysia, jadi cemas saya. Kira kira paket saya akan dikirim sampai ke rumah tunangan saya yang diperancis gak ya? Saya kirim melalui EMS. Mohon infonya mas. Terima kasih.

  41. Yang gak brengsek satu yg brengsek seribu

  42. gan lordubay, bisa ngobrol lewat email joyko18@yahoo.com
    thanks….

  43. Halo jika mas baca komen sy mohon di tanggapi ya.
    Gini sy beli cd import korea di online shop nah cd ny ketahan di bea cukai , semua surat dari kemendag udah ada cuma katanya terserah bea cukai di bandara dan minta tebusan 12 juta masa? Ga masuk akal cuma cd laguu bukan barang bahaya..

    • yang bilang minta tebusan 12 juta siapa? saran saya datangin kantornya temui petugasnya dengan membawa bukti no resi pengiriman dan ktp sesuai penerima barang.

      kalo benar petugas bea cukai yang mintga maka siapa namanya (bisa baca sendiri nama ybs diseragam yang dipakainya), selanjutnya cari bidang KI / kepatuhan internal, laporkan. tapi kalo yang bilang orang lain seperti orang ekspedisi jangan percaya, banyak kejadian jual nama.

      insting saya bilang yang minta itu orang lain (jual nama bea cukai), udah banyak kasusnya. tapi kalo ternyata pelakunya pegawai bc, sungguh terlalu.

  44. Saya mau nanya, seumpama saya beli sepatu sandal di asos.com seharga 65 gbp (120 usd) free shipping tp terbuat dari kulit asli 50%, apakah barang tsb tergolong barang mewah? Jika iya, kira2 berapa pajak yg harus saya bayar? Soalnya saya liat di forum lain ada yg belanja dengan jumlah yg sama di website yg sama tapi hanya dikenalan biaya pajak sebesar 100rban. Trims 🙂

  45. Mas Nice Post Nih,,,
    Tapi Saya Punya 1 Pertanyaan Nih,,,

    Saya Mau Beli DVD Game PS2 Original, dari Amazon.com
    Harga DVD nya $35(35 US Dollar)
    Shipping nya $30(30 US Dollar)
    Totalnya jadi $65(65 US Dollar)

    Jadi Pertanyaannya:
    1.Kalau Belanja dengan Total $65 Apakah Kena Pajak Masuk Ke Indonesia?
    2. Kalau kena, Berapa yah bayarnya?
    3. Apakah Perlu surat2 Penting Untuk Mengambil Paket saya? Masalahnya saya Masih Dibawah 17Thn Mas, Dan Hanya Punya KP(kartu Pelajar)… hehehe…

    Maaf Banyak Nanya Mas, Soalnya Masih Bingung Soal ini…
    Thanks

  46. Ya kalo dikasih contoh seperti diatas memang masuk akal. Begini, saya punya pengalaman beli casing hape dan sticker buat hape dari ebay. Total $36, terus datang tagihan dari bea cukai 2,4 juta buat bea masuk dan bla bla bla. Klo yg seperti ini gmana? Ngerampok siang bolong?

    • HASIL PENCARIAN UNTUK: MAS MAU TANYA DONG TEMEN MAU NGIRIMIN SAYA SEPATU BEKAS DIA , MASI KINCLONG SIH UDAH GAK PAKE BUNGKUSNYA SAMA GA ADA HARGANYA , ITU KALO KENA PAJAK ITUNGANYA GIMANA YA? SEPATUNYA NIKE LEBRON 11 , BARU PAKAI 1 BULAN … GIMANA MAD? TKS SEBELUMNYA ,,, SALAM

  47. Assalamualaikum. Mas saya mau tanya. Tahun 2014 ada rekrutmen kemenkeu lg gak ya? Khususnya bea cukai. Saya antusias skali untuk menjadi pegawai bc. Tahun 2013 saya gagal di psikotes. Mohon info nya ya mas, brg x aja tau… Kalau ada, kira2 bln apa dan untuk sarjana ekonomi manajemen ada gak? Makasih mas.

  48. Bea cukai Brengsek

    Akhirnya ketemu juga gw sama orang bea cukao anjing… Saudara gw kirim barang dari china dengan harga 39$ dan sampek di indonesia gw disuruh sama orang bea cukai bangsat,anjing,setan,babi 2,593000 Apa anggak masuk akal namanya harga nebus sama harga barang kok beda jauh… Semoga orang2 bea cukai keluarganya pada rusak krn makan uang enggak berkah… Amin…

  49. Mas mau nya, saya pesen barang dari UK dikirim lewat Royal Mail, sudah 1 bulan barangnya blom dateng, katanya dikirim rombongan makanya tidak ada nomor pelacakan. dan kata yang ngirim bahwa 90% hilang. bisa kaga ngelacaknya atas nama saya Erik Syaiful Bahri dengan alamat Balai Besar keramik. penting nih, ceritanya barangtersebut buat rekayasa alat laboratorium..

  50. Jangankan harga barang yang dipermainkan
    Kalau kita import barang dari luar dengan jumlah quantity barang banyak, pasti ada yang hilang aliasdicuri. Pelakunya siapa lagi kalau bukan pegawai bea cukai.

    Sudah bukan rahasia lagi, sejak jaman kolonial yang namanya petugas pajak itu ya sudah suka korupsi.

  51. mas, mau nanya, kira2 penyelesaian di bea cukai berapa lama?
    sy lg nunggu barang kiriman, cek terakhir posisi barang di bea cukai makassar?
    setelah di periksa bea cukai, apakah di kembalikan ke pos untuk di antar kepemiliknya?
    kl liat peraturan yg ada, barang tersebut tdk kena pajak beacukai soalnya harGA di bawah $50 sdh plus ongkirnya.
    makasih atas jawabannya mas.

  52. Mas, nanya dong….saya beli kosmetik dr luar. Gak banyak sih cuma 6pcs ditambah saya dikasi free produk dr merchant. Barang saya ketahan di bea cukai dengan alasan harus minta ijin BPOM. Gak mungkin kan saya ngurus ijin BPOM hanya utk brg yg seiprit harga (100 dollar). Saya juga beberapa kali beli dan kirim pakai USPS ke Surabaya tetapi disini oleh bea cukainya tidak pernah dipermasalahkan apalagi jumlah brg dibawah 10pcs masih dihitung pakai sendiri, saya hanya diminta bayar pajak impornya saja. Yang mau saya tykan kenapa sama-sama Bea cukai tapi standarnya koq beda? Yang satu masuk akal, yg satunya terkesan mencari-cari.

  53. Siip , Saya mendukung anda

  54. dukung otomotif indonesia

    jangan tolol bro, MASALAHNYA INDONESIA EMNG UDAH BISA BIKIN MOBIL ATAU MOTOR SENDIRI SAMPE BIKIN UU UNTUK MELINDUNGI INDUSTRI DALAM NEGERI? LO PARA PETUGAS PAJAK CUMA BISA ABISIN DUIT KITA2 YANG BELI MOBIL/MOTOR DARI LUAR NEGERI DOANG. GUE MUAK SAMA BEA CUKAI INDONESIA YANG KENAIN PAJAK BERLEBIHAN (BISA SAMPE 200%), BUAT APA? BUAT GEDEIN PERUT PEJABAT2 PAJAK? NYATANYA KITA BAYAR PERPAJAKAN TAPI NGGAK ADA HASIL SAMPE SEKARANG, JALANAN MASIH BANYAK TUH YANG RUSAK, PELABUHAN BESAR JUGA MASIH DIKIT. KAPAN NEGARA INI PUNYA OTOMOTIF YANG BAGUS KALO MASIH BANYAK PEJABAT2 PAJAK YANG SUKA TEMBAK PAJAK KETINGGIAN SAMA IMPORTIR MOBIL LUAR? GA BAKAL MAJU NEGARA INI KALO ORANG2 PERPAJAKAN YG KORUPSI BELOM DIBASMI. TURUNIN EMBEL2 PAJAK, KALAU PERLU HILANGKAN, DUKUNG OTOMOTIF INDONESIA, BANGUN INFRASTRUKTUR YANG MEMADAI, JANGAN CUMA BISA MEMBELA DIRI DENGAN MENGATAS NAMAKAN INVENTARIS NEGARA PADAHAL HASILNYA JUGA LO TILEP. GUE MIRIS LIAT BARANG2 DI INDONESIA MAHALNYA SELANGIT GARA2 KEBANYAKAN EMBEL2 PAJAK, YANG UDAH SEBAGIAN BESAR PENGHASILAN WNI KECIL DITINDAS LAGI DENGAN PAJAK BUAT BUNCITIN PERUT LO PADA, ALHASIL NEGARA KITA KETINGGALAN JAMAN DAN INFRASTRUKTUR MASIH GA JELAS. MUAK GUE

  55. mau tanya…
    sebetulnya berapa lama standar waktu di custom (bea cukai bandung) untuk memproses dokumen barang yg datang (dr luar negri) dari mulai masuk ke custom, smp selesai, smp dikembalikan lagi ke pos untuk di kirim ke yang berhak??
    tks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s