Jangan Njiplak / Copy Paste

Ada banyak hal yang saya lakukan ketika berselancar di dunia maya, salah satunya adalah membaca tulisan atau artikel. Sering kali saya merasa kagum pada tulisan-tulisan tersebut karena begitu bagus dan menginspirasi. Ada rasa iri dalam hati, iri yang positif tentu saja karena saya juga ingin bisa menulis hal-hal hebat seperti itu.

Tapi rasa kagum dan iri saya berubah setelah saya tahu ternyata tulisan itu tak lebih dari sekedar sebuah hasil bajakan copy paste dari suatu sumber yang entah sudah berapa kali di copy paste. Rasa kagum itu berubah menjadi rasa muak, muak pada mereka yang meng-copy suatu karya tanpa menyebutkan sumbernya dan seolah-olah itu adalah karyanya. Rasa iri itupun berubah menjadi rasa bahagia karena saya tidak melakukan hal seperti itu dan semoga tidak akan pernah.

Saya sadar tulisan-tulisan saya masih jauh untuk dikatakan sebagai tulisan yang bagus dan menginspirasi tapi saya bangga. Saya bangga dengan apa yang saya tulis, meskipun terdapat banyak kesalahan tapi yang saya tulis adalah sebuah karya yang muncul dari diri saya. Bukan suatu karya bajakan hasil karya orang lain. Saya percaya sesuatu yang sederhana namun tulus lebih bernilai dari pada sesuatu yang hebat namun bajakan.

2 responses to “Jangan Njiplak / Copy Paste

  1. se7 bro…😀

    sukses terus buat blognya..^^

  2. sip sama-sama, saya pernah baca ada ts dan komentator ribut. awalnya ts marah karena ada komentar sampah dan ternyata alasan komtator tersebut nyampah karena tulisannya hasil njiplak tapi ts-nya masih ngotot ngak mau ngaku, setelah dikasih linknya pun ts masih ngotot😡

Tinggalkan Balasan

