Menghadapi Masalah / Ujian

Hari itu tiba juga, hari ketika aku harus berhadapan dengan serangkaian masalah. Hari yang telah ditentukan untuk menghadapi ujian ini ough. Hari itu ahad / minggu tanggal 08 Mei 2011, waktu menunjukkan sudah jam 07.00 saatnya ujian Universitas Terbuka dimulai. Ku lihat peserta lain mulai sibuk mengerjakan soal ujian, sementara aku malah sibuk memperhatikan peserta lain :hammer:.

Ujian nih ye.

Akhirnya kuberanikan diri untuk membuka lembar soal ujian setelah terlebih dulu mengumpulkan segenap keberanian. Tapi apa daya, keberanian saja belumlah cukup. Ku pandangi soal-soal ujian tersebut tapi tak ada satupun yang ku tahu jawabannya. Aku benar-benar tak tahu apa yang harus ku lakukan, maksudku aku tahu aku harus menjawab soal-soal tersebut tapi aku tak tahu apa jawaban dari soal-soal tersebut.

Di saat kalut seperti itu aku teringat pada sebuah pesan yang mengatakan “hadapilah masalah dengan senyuman dan kepala dingin”. Seperti ada kekuatan gaib yang merasuki, aku mulai sedikit tenang untuk kemudian mengambil nafas dalam dan mengeluarkannya perlahan-lahan. Setelah itu kupandangi soal-soal tersebut sambil tersenyum dan kepala dingin tentu saja.

Hal ini kulakukan berkali-kali tapi tak juga ada tanda-tanda aku bisa mengerjakan soal-soal tersebut. Apakah caraku salah? Akupun memulai dari awal tahapan-tahapn yang diajarkan padaku dalam menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Tarik nafas dalam, tahan kemudian keluarkan perlahan-lahan dan tatap masalah tersebut dengan senyuman. Sudah dower bibir ini tersenyum dan kepala ini bukan lagi dingin tapi sudah membeku namun tak juga aku mampu mengerjakan soal ujian tersebut.

Eng ing eng, lho koq masih belum ada jawaban yang muncul. Bagaimana ini aba?

Waktu terus berjalan dan lembar jawabanku masih belum terisi, ya sudah asal isi saja toh orang bilang bedanya orang jenius dan gila itu sedikit. Mungkin saya gila tapikan orang lain ngak tahu jadi pura-pura jenius saja. Dengan penuh percaya diri layaknya seorang jenius saya mulai mengisi lembar jawaban yang kosong hingga selesai. Seperti apa hasilnya? Lihat saja nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s