Ngaji Yuk, Sahur dan Berbuka

Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar kata sahur? Kebanyakan orang jika bicara sahur maka sama dengan bicara makan sebab dalam benak banyak orang sahur itu makan. Benarkah begitu? Sahur itu bukan hanya makan, namun kenapa kebanyakan orang mengira sahur itu makan? Dianggapnya sahur itu merupakan makan supaya kuat berpuasa di siang hari.

Bukankah waktu sahur itu merupakah 1/3 malam akhir? Bukankah Rasulullah mencontohkan waktu sahur (1/3 malam terakhir) diisi dengan beribadah dan baru makan sahur diakhir waktu. Ada berkah yang besar yang diberikan Allah pada waktu sahur lantas kenapa waktu sahur yang penuh berkah itu hanya diisi dengan makan dan senda gurau nonton tv ha ha hi hi? Banyak orang khawatir tidak makan waktu sahur tapi sedikit sekali yang khawatir karena tidak solat, mengaji dan ibadah lain diwaktu sahur.

Dalam surat Al Imran ayat 17 diungkapkan bahwa salah satu ciri orang bertakwa adalah orang yang memohon ampun di waktu sahur. Bukankah salat malam pun dilakukan di waktu sahur? Lantas mengapa sahur bergeser maknanya berganti menjadi makan. Jika seperti ini maka bulan Ramadhan yang dikenal sebagai bulan puasa ternyata juga cocok disebut sebagai bulan makan. Alasannya ya itu tadi, waktu sahur diisi dengan makan, saat berpuasa pun pikirannya menunggu buka dan saat berbuka pun ya cuma makan.

BUlan Ramadhan pikirannya kok makanan melulu.

Seandainya mereka tahu bahwa salah satu waktu mustajab untuk berdoa adalah saat berbuka puasa. Pada saat berbuka puasa jarak antara Allah dan hambanya begitu dekat bahkan lebih dekat dari pada jarak saat nabi Musa a.s. berbicara langsung dengan Allah swt. Sangat disayangkan waktu mustajab seperti itu dilewatkan hanya dengan makan. Jika seperti ini apakah pribadi takwa sebagai tujuan berpuasa bisa digapai? Maka dari itu alangkah baiknya saat sahur dan berbuka tidak hanya kita isi dengan makan. Yuk kita isi Ramadhan ini dengan banyak-banyak beribadah.

Apa yang saya tulis bukan semata-mata pendapat pribadi namun hasil dari mengikuti kajian. Hal ini saya sampaikan tak lain untuk meluruskan apa-apa yang tidak sesuai namun terjadi. Demikian dari saya semoga berguna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s