Pentingnya Citizen Journalism

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya kali ini saya akan membahas pentingnya jurnalisme sipil atau yang lebih keren disebut citizen journalism.

Meskipun jurnalisme sipil tapi prinsip-prinsip jurnalisme tidak boleh diabaikan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa setiap berita yang diberitakan oleh media tak selalu benar dan sering memiliki maksud tertentu. Untuk itulah diperlukan jurnalisme sipil sebab dibandingkan dengan media, tulisan seorang sipil lebih netral karena ia tidak memiliki kepentingan apa-apa kecuali ia merupakan bagian dalam pembentukan opini publik seperti yang biasa dilakukan oleh media.

Contoh tentang pertikaian antara warga dan perusahaan, tidak jarang berita yang disampaikan oleh pihak media adalah berita yang setengah benar lantas ke mana yang setengahnya lagi? Setengahnya lagi bisa saja tidak terliput atau sengaja tidak diliput. Di sinilah peran penting jurnalisme sipil untuk menyampainkan apa yang tak diberitakan oleh media, untuk mengklarifikasi yang sebenarnya terjadi.

Tidak mudah melakukan ini sebab yang jadi lawan adalah media dengan segala kekuatan sumber dayanya. Namun kita tidak boleh menyerah, jangan biarkan masyarakat dibodohi dengan pemberitaan yang setengah-setengah yang telah diatur sedemikian rupa. Semoga kita senantiasa dalam petunjuk dan lindungannya.

 

One response to “Pentingnya Citizen Journalism

  1. sebagai penyeimbang media kanan dan kiri..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s