Yes!!! Asal Anda Senang

Kejujuran adalah salah satu hal yang utama, semua orang setuju tapi itu hanyalah sebuah retorika saja. Kenyataannya kejujuran bukanlah suatu hal yang menjual. Sebagai ilustrasi saya akan memberikan sebuah cerita.

Disebuah tempat antah berantah ada sebuah kerajaan Simalakadut yang dipimpin oleh baginda raja Gembul. Suatu ketika sang raja mengutus patihnya Bedegul untuk melakukan survey lapangan akan kondisi rakyatnya. Usai melaksanakan tugasnya sang patihpun menghadap raja untuk memberikan laporan kondisi rakyatnya terkini.

Dalam laporannya tersebut sang patih menyampaikan bahwa banyak rakyatnya yang hidup di bawah garis kesejahteraan, pendidikan belum merata sebab meskipun gratis tapi tetap saja mahal. Dari segi kesehatanpun banyak rakyat yang tak mampu berobat sebab meskipun ada program pengobatan gratis tapi prosesnya lama dan ribet sehingga sebelum sempat diobati pasien keburu meninggal.

Mendengar laporan dari patih Bedegul, raja Gembul hanya terdiam memicingkan mata dan mengernyitkan dahi. Tak sepatah kata keluar dari mulut raja atas laporan patih, patihpun kembali ke kediamannya dan menceritakan hal tersebut pada istri tercinta yang selama beberapa hari ditinggal pergi karena tugas.

Mendengar cerita sang suami, sang istri hanya tersenyum kemudian berkata “sudahlah kakanda jangan terlalu dirisaukan, nanti pada saat mendapatkan tugas itu lagi jangan melaporkan seperti tadi. Katakan saja bahwa rakyat hidup sejahtera, pendidikan mengalami kemajuan sebab program pendidikan gratis berjalan dengan benar dan kesehatan masyarakat pun terjamin berkat program pengobatan gratis”.

Pada penugasan berikutnya patih Bedegulpun melaporkan sesuai arahan dari istrinya. Mendengar laporan tersebut raja Gembul tertawa senang karena merasa berhasil memimpin kerajaan Simalakadut menjadi lebih baik. Tak lama setelah itu patih Gembul mendapat promosi, karirnya kenceng melesat bagai Jupiter MX yang dikendarai V. Rossi.

Ketika pilihannya jujur atau gombal, kebanyakan orang akan memilih gombal meskipun mereka tahu yang gombal itu tidak jujur.

2 responses to “Yes!!! Asal Anda Senang

  1. sayangnya, realita di negara ini lebih banyak yg nggombal…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s