Kebanyakan Nonton Bisa Ngak Makan

reportase investigasi

Suatu sore di akhir pekan yang damai, saya menonton sebuah acara tv bernama Reportase Investigasi yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta. Acaranya sendiri banyak berisi investigasi terhadap produk-produk berbahaya terutama makanan karena dibuat menggunakan bahan-bahan yang tidak semestinya.

Dulu saya cukup sering menontonnya karena bagus dan membuat kita lebih waspada terhadap produk yang beredar dipasaran. Boleh jadi memang tujuan dibuatnya acara tersebut adalah agar masyarakat aware, berhati-hati dalam memilih produk.

Lain dulu lain pula sekarang, jika dulu saya menganggap acara ini bagus karena membangkitkan rasa peduli kita dalam memilih produk kini saya berfikir berbeda. Entah mengapa saya merasa justru hasilnya bisa berdampak kontra produktif. Coba anda pikirkan, setelah menonton investigasi tentang makanan berbahaya mungkin anda akan mengurangi atau berhenti jajan makanan tersebut dan memilih untuk membuat sendiri makanan. Tapi ternyata berdasarkan investigasi di kemudian hari diketahui bahan yang kita gunakan untuk membuat makananpun belum tentu aman.

Pertanyaan saya adalah separah itukah kondisi yang terjadi di lapangan? Beli makanan matang tidak aman karena kita tidak tahu proses pembuatan makanan tersebut yang boleh jadi menggunakan bahan yang tidak sesuai. Membuat makanan sendiri pun tidak lebih aman sebab bahan makanan yang kita gunakan boleh jadi sudah dicampur sedemikian rupa dengan bahan yang berbahaya oleh si penjual.

Pusing juga ya, jika seperti itu bisa-bisa tidak makan. Semua kembali kepada diri kita masing-masing. Jangan karena nila setitik rusak susu sebelanga. Artinya jangan karena melihat tayangan reportase investigasi tersebut lantas menganggap semua pedagang itu curang. Semoga kita menjadi orang yang bijak dalam berfikir dan bersikap.

2 responses to “Kebanyakan Nonton Bisa Ngak Makan

  1. sing penting bismillah, ya cari tau yg wajar aja lah..sekdar kita liat kebersihan warung ma keramahan yg jual hehe selebihnya ya pasrahhhh,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s