Penyelesaian Barang Impor, Prolog (FAQ)

Tidak disangka tulisan saya tentang penyelesaian barang kiriman dari luar negeri ternyata mendapat banyak tanggapan. Wajar sih sebab di jaman modern seperti sekarang perdagangan tidak saja dilakukan lintas daerah tapi juga lintas negara. Sayangnya banyak orang yang awam dalam masalah ekspor impor, akibatnya terjadi kesalahpahaman seperti yang banyak saya dapati.

Sebelum bicara tata cara prosedur impor secara umum, terlebih dahulu saya akan membahas pertanyaan yang banyak dan sering saya temui berulang-ulang.

A : Saya impor barang sejak beberapa waktu yang lalu tapi sampai sekarang kok belum sampai ya?

B: Cek status barang anda pada pihak ekspedisi / pengangkut barang tersebut di mana posisinya.

A : Saya cek status barang saya sudah tiba di Indonesia tapi kok belum sampai ke rumah saya? Juga tidak ada kabar dari pihak Bea Cukai.

B : Menerima paket / kiriman dari luar negeri berbeda dengan menerima kiriman lokal dalam negeri. Anda tidak bisa hanya menunggu, anda harus aktif mengurus barang anda tersebut, jika tidak barang anda tidak akan pernah sampai pada anda.

A : Lho, memangnya  pihak Bea Cukai tidak memproses barang-barang yang masuk.

B : Bea Cukai memproses barang-barang yang diajukan pemilik barang ke pihak Bea Cukai. Jika barang tersebut tidak diurus oleh pemilik barang maka barang tersebut menjadi barang tak bertuan, setelah jangka waktu tertentu barang tersebut akan di sita. Dan jika setelah jangka waktu tertentu masih tidak diurus maka barang tersebut dilelang.

A : Bagaimana saya mau ngurus barang jika tidak ada pemberitahuan dari pihak Bea Cukai bahwa barang saya sudah sampai di Indonesia?

B : Pihak Bea Cukai tidak punya kewajiban terhadap barang-barang tersebut, tugas Bea Cukai adalah pengawasan lalu lintas orang dan barang. Pengangkut / agen ekspedisilah yang mempunyai kewajiban memberitahukan kepada pemilik barang perihal barang tersebut.

A : Setelah saya tahu barang saya sudah sampai, lantas bagaimana?

B : Anda urus proses pengeluarannya, nanti saya jelaskan secara umum apa yang harus anda lakukan di trit berikutnya.

A : Kemarin saya ditelpon petugas Bea Cukai katanya barang kiriman saya sudah sampai dan katanya beliau bisa bantu saya untuk proses pengeluarannya.

B : Wah ngarang itu, ngak ada petugas BC nelpon pemilik barang. Sudah sering saya ketemu orang yang datang ke Bea Cukai marah-marah karena sudah bayar sekian-sekian tapi barangnya tidak juga keluar. Setelah ditelusuri ternyata orang itu kena tipu sebab barangnya tida pernah diajukan ke BC. Bea Cukai tidak tahu barang itu milik siapa sebelum barang tersebut diproses oleh pemiliknya. Penipuan seperti itu biasanya dilakukan orang-orang pelayaran, orang awam yang tidak tahu apa-apa tahunya Bea Cukai doang. Jadi jika ada apa-apa mesti yang disalahin Bea Cukai. Padahal di pelabuhan banyak institusi lain selain BC, ada operator pelabuhan, Polisi, Karantina, juga lembaga non pemerintah seperti ekspedisi dan lain-lain. Jadi jangan langsung menjudge barang tertahan di pelabuhan itu karena ulah Bea Cukai. Bisa jadi karena anda sebagai pemilik barang tidak mengurus barang tersebut dan sebab lainnya.

A : Saya impor barang tapi kok dipersulit, diminta ijin dari instansi ini dan itu, payah nih BC.

B : Impor itu ada aturannya, jika aturannya mengharuskan ada ijin dari instansi terkait ya dipenuhi. Jika anda protes itu karena anda tidak tahu aturan, makanya ketahui dulu sisdurnya seperti apa.

A :  Saya dapat kiriman via pos, di PPKP tercantum saya harus bayar sekian, padahal menurut perhitungan saya seharusnya tidak sebesar itu.

B : Layanan impor secara umum menggunakan metode self assesment, kecuali barang kiriman pos dengan official assesment. Terhadap barang impor umumpun dilakukan pemeriksaan dan petugas BC berhak memberikan penetapan ulang.

A : Saya bayar PDRI kiriman pos di mana? Di kantor pos bisa? Apakah benar bisa sampai jika saya bayar di kantor pos atau masuk kantong petugas?

B : Bisa di loket kantor pos jadi setelah bayar anda bisa langsung ambil barang tersebut. Selain bayar pajak, bayar tagihan listrik dan lain-lain juga bisa di loket pos. Coba anda tanya ke petugas pos jika bayar tagihan di kantor pos itu sampai atau masuk ke kantong petugas. Siap-siap aja disemprot petugas posnya.

Sekali lagi saya tekankan jika anda mengalami permasalahan dalam ekspor impor jangan langsung menghakimi kesalahan ada di pihak Bea Cukai. Cari tahu dahulu apa yang terjadi dan seperti apa sistem prosedurnya. Jangan sampai anda seperti orang yang komplain terhadap suatu restoran (anggap saja KFC)  karena merasa tidak dilayani setelah berjam-jam anda duduk di restoran tersebut.

Bagi orang yang tidak tahu dan belum pernah ke KFC akan menyetui bahwa restoran tersebut tidak memberikan layanan yang baik. Padahal yang seharusnya adalah, Anda mendatangi pelayan di loket, memesan dan membayar baru anda bisa menikmati makanan yang anda inginkan. Jika anda langsung duduk tanpa memesan ke pelayan kemudian protes karena merasa tidak dilayani maka justru anda telah mempermalukan diri sendiri. Mudah-mudahan anda tidak seperti itu ya.

Bersambung

19 responses to “Penyelesaian Barang Impor, Prolog (FAQ)

  1. mantab….iki prosedur ngurus barang keluar gimana…apakah selalu datang ke pelabuhan untuk ngurus…opo bisa dikuasakan keorang lain….prosedur rincinya ya………

  2. Bisa dikuasakan kepada pihak ke 3 ke PPJK (perusahaan pengurusan jasa kepabeanan) nanti ya minggu depan insyaAllah ku posting. besok masih lembur

  3. mantab mas, lanjut prosedur pengeluaran barang normal dan barang bermasalah dong hehe

    lanjooot

  4. Malam, tolong tanya…
    Kmrn saya membeli barang berupa baju dari Korea melalui situs semacam ebay. Harga barang tersebut tdk lbh dr 50 dollar. Tapi saya dikenakan biaya (national surcharge) yang ckp mahal untuk barang tersebut +/-230rb. Dan ongkos kirim 68rb.
    Sekarang barang saya statusnya tertahan di bea cukai dan ditulis tax *) rp0.00.
    Apa yang harus dilakukan?
    Mohon sarannya… Trims

    • coba anda datangi langsung saja dan minta dan lihat form PPKP nya, biaya charge itu asalnya dari mana. sebab anda bilang tertulis tax *) rp0.00 jika itu PDRi maka tertulis di PPKP. anda bisa konfirm langsung di sana.

  5. pak ubay. saya mau tanya tentang pembelian barang bekas untuk tablet android dari luar negri yaitu situs web ebay, jika barang bekas tersebut ada lampiran invoice dari penjualnya apakah perhitungan pajak bea masuk berdasarkan nilai yg tertera di invoice? jika tidak demikian apakah perhitungan pajak bea masuknya menggunakan nilai taksiran sendiri?
    mohon penjelasannya untuk hal ini.

    terimakasih banyak.

  6. Mas yo opo iki,,,1 bu!an sy import barang dr singapur , tak cek statusnya ampek sekrng mash aja EME ,,,,piye kui mas,,,???

  7. Mas, kira2 untuk prosedur pemeriksaan barang di bea cukai makan waktu brapa lama? soalnya sy dah biasa order brang dr Cina via ems, tp wktu proses bea cukai spertinya tdk tepat wktu. Bahkan bisa smpe 2-4 mnggu proses diBea cukai. Sy komplain via email Pos indo ktanya itu bkn kewenangan mrk untuk mengecek brang kita.

  8. Pak, mau tanya dong..🙂
    Jadi saya kan pesan kosmetik dari luar negeri, jadi hari ini, minggu…saya dpt tlp yang mengaku bea cukai..saya di suruh dtg ke kantor bea cukai jam 8pagi sebelum ada orang..
    Nanti dia bantu supaya saya ga perlu ngurusin ijin BPOM..
    Tp saya harus bayar pajak senilai 341.150 untuk nilai barang 1.200.000
    Nah, saya ingin memilih jalur yang resmi saja maksudnya..
    Tapi apakah bisa saya perorangan mengurus ijin BPOM untuk produk Korea yang sudah di jual bebas di mall mall besar di Indonesia dan sudah merupakan produk perusahaan terkenal di sana?
    Soalnya saya beli sample2nya aja buat di coba, kasih saudara, dan mm ada yang di jual bbrp..dan macamnya bisa puluhan.. Ada solusi supaya tetap bisa import barang?
    Dan apakah saya pilih jalur belakang saja supaya barang saya selamat?? Terimakasih …

  9. kiriman tertahan di custom..tapi ngga ada konfirmasi dari EMS, emg kalo di custom harus kita sendiri yg urus ya? Lalu EMS berperan sebagai apa?

    Ngga bisa mas..nyamain kya’ di KFC..sementara kita bicara barang kiriman yg jelas2 ada pihak ke-3; yaitu jasa ekspedisi, EMS/UPS/DHL dkknya…yg diharapkan sebagai pihak penengah.

    Kaya’ ada peratuan ini lah..itu lah..maka barang jd tertahan..kesannya kita sebagai pengguna jasa tp ngga tau aturan..itu salah besar…emang selama ini ada sosialisasi ttg peraturan2 tsb?? Kalopun mau ada aturan..knp dari negara asal pengirim..itu sah2 aja dikirim? Emg aja birokrasi disini terlalu complicated..

    Tp tengs buat tulisannya..
    Jadi tambah tau..

  10. alah banyak alasan bea cukai ni…

  11. Setuju dgn pendapat Acin diatas. Anak saya yg minta dibelikan gitar listrik sebagai hadiah naik kelasnya, akhirnya beli online dari alibaba.com cina karena masuk budget (dibawah 3jt) jadi langsung saya pesan. Eh ngga tahunya pas mau terima, di kasih tahu pos indo bea masuknya 9x dari harga gitarnya. Kami paham sebagai orang awam, karena import jelas ada beanya dan saya sanggupi, pikiran paling Rp. 500ribuan dari barang di bawah 3 jt. wuih.. ternyata. karena ngga sanggup nebus (rp 18 jt plus) sementara anak saya sedih dan nangis, dgn berat hati saya relakan di ambil negara. Coba tahu dari awal, saya NGGA bakalan beli di luar.

  12. Mau tanya PT A usaha di bidang percetakan (di dalam Kawasan Berikat) , beli mesin cetak di luar negeri, setelah pakai sekian lama mesin itu dijual ke orang ( lokal) (kawasan berikat juga). Sama-sama di dalam kawasan berikat tapi daerahnya beda. Apakah itu melanggar peraturan beacukai atau negara. Kalau misalny tidak melanggar, cara mengatasi gimana? tolong bantu.. trims

  13. mau tanya prosedur yang dilakukan eksportir/importir kalo komoditinya tertahan di kepabeanan bgaimana?

  14. kalau dirjen pajak memblokir export import dll kepada pemiliknya ada semacam surat teguran ga atau langsung di blokir tanpa sepengetahuan pemiliknya.

  15. Selamat siang pak,

    Saya mau bertanya, jika barang kiriman sudah sampai tahap proses dokumen di bea cukai, apakah saya harus langsung menghubungi bea cukai ataukah perlu ditunggu sampai ada surat dari bea cukai?

    Terima kasih banyak atas balasannya pak.

  16. Dik Ubay Sampean itu orang baik,sudah banyak memberikan pencerahan kepada yang membutuhkan….semoga TUHAN memberkati hidupmu dik.amin.

  17. pak klo ngurus ijin sas di bpom berapa hari n syaratnya apa….? karena brg kiriman ketahan di bea cukai halim

  18. PT. PURARI MITRA SEMPURNA
    General Trading, Export / Import & Jasa Customs Clearance Import

    Hal : Penawaran Undername Import

    Kepada Yth, Bapak/Ibu

    Attn : Marketing Import.

    Perkenalkan kami PT. PURARI MITRA SEMPURNA adalah perusahaan Jasa Customs Import, International Sea and Freight Forwarding, sekaligus Specialist dalam bidang Jasa Customs Clearance di Kepabeanan baik via Bandara maupun Pelabuhan di seluruh Nusantara.

    Perusahaan kami PT. PURARI MITRA SEMPURNA bekerja sama dalam bidang Jasa sebagai berikut :

    1. Under name Import
    2. Borongan Import
    3. Custom Clearance​​
    4. Door to Door, Port to Door, dari ke seluruh negara dengan harga service yang bagus.
    5. By Air or Sea (Local and International)
    6. Untuk semua jenis barang termasuk Dangerous Cargo atau Personal
    7. Import mesin bekas / sudah terpakai.

    Kami Mempunyai Lisensi Import diantaranya :

    – S R P/ N I K
    – N P W P
    – A P I-U
    – IT BESI-BAJA
    – NPIK Electronic
    – LS / SNI / Izin Import barang bukan baru

    Katagori barang Import yang kami miliki izin di SIUP & API-U :
    < Garment/Pakaian Jadi, Sepatu/Alas Kaki,Mesin dan Spare Parts, Plastic/Fiber,
    < Truck/Alat Berat dan Spare Parts, Alat Transportasi Laut dan Udara, Peralatan Rumah Tangga,Kimia, Domestic
    Khusus penawaran UNDERNAME bagi customer anda yang belum memiliki izin import.

    Kami juga mempunyai kuota untuk impor mesin atau barang-barang bekas.
    Dan jika perusahaan anda mempunyai masalah dengan barang impor tertahan di BC, kami juga siap membantu.

    Untuk project import partai besar anda bisa hubungi kontak kami untuk meeting terlebih dahulu agar kami bisa memberikan harga semurah mungkin.

    Kami PT. PURARI MITRA SEMPURNA siap menjadi mitra terpercaya yang memberikan pelayanan sesempurna mungkin dengan perusahaan anda.

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan, atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terimakasih.

    Best Regartds,

    Mudin
    Team Marketing Import.

    PT. PURARI MITRA SEMPURNA
    Jl. Jengki No. 9A, Kelurahan Kebon Pala,
    Kecamatan Makassar, Jakarta Timur 13650
    Telp/Fax : +6221 – 22804390 / +6221 – 80874440
    Hp. : 082165663441
    Email : pt.purari@gmail.com

    YOUR LOGISTICS PARTNERS……!!!
    With Total Commitment, We Value Your Trust to Us…

    Closed on Saturday, Sunday and Public Holiday

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s