Imsak

Bicara soal imsak, bagi sebagian besar orang Indonesia imsak adalah waktu kurang lebih sepuluh menit sebelum terbit fajar / subuh dimana kita tidak boleh makan dan minum lagi, kentut? Boleh dong. Ya, kurang lebih seperti injury time gitulah dalam sepak bola.

ramadhan 01

Pertanyaannya kemudian, benarkah demikian? Imsak, artinya menahan, menahan apa? Menahan diri dari dari perbuatan-perbuatan yang bisa membatalkan puasa. Yup, sebab memang imsak itu sebutan lain dari puasa. Dan bicara puasa, saya rasa anda yang muslim pasti sudah tahu puasa itu menahan diri dari hal-hal yang membatalkan diri mulai terbit matahari sampai matahari tenggelam. Sama kan dengan penjelasan saya sebelumnya tentang imsak.

Jadi anda masih boleh makan dan minum pada waktu imsak, sebab puasa dimulai saat matahari terbit. Lalu, waktu imsak yang biasa kita kenal itu apa? Hm, saya sendiri dan ustad yang menyampaikan materi ini pun tidak tahu. Tapi coba anda tanyakan kepada orang yang membuat jadual imsakiyah tersebut. Apakah pada saat imsak sudah boleh solat subuh? Jika jawabannya boleh maka benar pada saat imsak makan dan minum tidak boleh dan puasanya tidak sah. Tapi jika jawabannya belum karena belum masuk waktu maka anda masih bisa makan dan minum.

Lantas, waktu imsakiyah itu untuk apa? Sekali lagi saya dan ustad pun tidak tahu karena bukan kami penyusun kebijakan imsakiyah tersebut. Mungkin, ini mungkin lho ya, waktu imsakiyah dibuat sebagai peringatan bahwasanya sebentar lagi waktu subuh. Untuk itu segeralah selesaikan makan dan minum dan bersiap untuk solat subuh.

Semoga tulisan ini bisa meluruskan kekeliruan yang terjadi di masyarakat tentang imsak. Sebab tidak boleh mengharamkan sesuatu yang halal ataupun sebaliknya.

Iklan

One response to “Imsak

  1. Sip bang Ubay.
    Imsak>amsaku : menahan diri. Kapan menahan diri (dlm hal makan dan minum) dlm konteks puasa? Jawabannya adalan ketika terbit fajar. Maka mudahlah bagi orang yang mau belajar agama Islam dengan benar (tdk hanya ikut2an) bahwa imsak itu adalah terbitnya fajar yang pada saat yang sama adalah masuknya waktu subuh dan berhentinya makan dan minum dan segala sesuatu yang membatalkan puasa. Jadi Imsak = masuknya waktu subuh, bukan sepuluh menit sebelum subuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s