SIC

20130712_071344SIC KT mighty kuuga, horse orphnoch, kaixa & raising kuuga

Baru-baru ini (beberapa bulan yang lau), entah bagaimana tiba-tiba saja saya terjerumus dalam mengoleksi mainan jenis baru. Baru dalam artian berbeda dari lini yang biasa dan sudah lama saya koleksi. Sebab selama ini saya mengoleksi model kit terutama gundam, ori maupun kw.

Nama mainan ini SIC, saya menyebutnya mainan semata-mata untuk memudahkan penyebutan saja meskipun para kolektor pasti tidak setuju menyebut SIC, gundam dan action figure lain sebagai mainan. SIC atau Super Imaginative Chogokin ini menurut saya berbeda dengan kebanyakan mainan. Beberapa perbedaan yang nampak antara lain :

  1. Material, kebanyak mainan terbuat dari plastik atau poliester sementara SIC tidak saja dari plastik tapi juga ada material logam. Dari yang saya baca itu sebabnya disebut SIC. Mohon koreksi bila salah.
  2. Detil barang, hal inilah yang paling menarik perhatian saya sebab dibanding mainan lain secara umum, detil yang dimiliki SIC benar-benar keren.

20130711_221645

Perbandingan ukuran antara sic kt kuga, gundam hg 144 dan mokit motor 1 : 12

Untuk jenisnya sendiri SIC ada tiga jenis, yaitu :

  1. SIC reguler, ini jenis sic yang paling banyak beredar. Ukurannya lebih tinggi dari pada gundam HG 144 tapi tak sebesar MG 100. Biasanya dijual 1 box isi 2 unit. Untuk harga relatif sebab ada yang normal ada juga yang di atas normal, harga pasaran normal untuk SIC MIB / baru berkisa 400 ribu sampai 600 ribu tapi bisa saja lebih mahal tergantung jenisnya.
  2. SIC KT, kepanjangan dari kiwami tamashi. Ukurannya lebih kecil dibanding SIC reguler tapi detil yang dimiliki tetap keren. Harga pasaran 100 ribu sampai 200 ribuan, bisa lebih mahal tergantung jenisnya.
  3. SIC TD atau takumi damashi. Saya sendiri tidak memiliki SIC jenis ini karena tidak suka. Ukurannya kecil dan bentuknya seperti patung dengan artikulasi yang sangat terbatas, biasanya hanya tangan yang bisa bergerak. Karena itu saya tidak menyukainya.

Sekian dulu dari saya, semoga informasi yang ada bisa membantu.

One response to “SIC

  1. Damar febriansyah

    Tingginya berapa cm sic kt beda sama shf berapa cm ?

Tinggalkan Balasan

