Cara Mengirim Barang Ke Luar Negeri

kapal kargo

Tidak dapat dipungkiri di era global seperti sekarang, lalu lintas barang tidak saja sebatas antar kota, antar pulau tapi juga antar negara. Dan lalu lintas barang sendiri tidak melulu dilakukan oleh badan usaha tapi juga oleh orang per orang. Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana prosedur pengiriman barang baik impor ataupun ekspor.

Sebelumnya saya pernah menulis tentang cara penyelesaian kiriman barang impor via pos, kali ini saya akan menulis tentang cara mengirim barang ke luar negeri / ekspor. Ide awalnya bisa dibilang setelah melihat iklan pos tentang pengiriman ke luar negeri plus komentar seorang teman yang ngirim barang tapi katanya bermasalah. Jadi sebelum anda mengirim barang ke luar negeri, tidak ada salahnya anda membaca tulisan ini untuk sedikit lebih tahu bagaimana caranya.

Umumnya jika kita ingin mengirim barang maka kita telah menyiapkan barang tersebut dengan dikemas secara rapi, setuju? Untuk pengiriman lokal hal ini sah-sah saja tapi jika tujuan pengiriman anda adalah ke luar negeri sebaiknya jangan dikemas dulu. Alasannya karena barang tersebut sebelum disetujui untuk dikirim akan diperiksa oleh petugas Bea Cukai.

Hei, kenapa diperiksa? Kan ini bukan barang impor yang harus bayar Bea Masuk, pajak dan lain-lain. Memang benar terhadap hampir semua barang ekspor tidak dikenakan pungutan negara kecuali komoditas tertentu yang dikenakan pungutan ekspor. Hal ini semata-mata dilakukan dalam rangka tugas bukan kesemenang-menangan petugas sebab sudah diatur oleh undang-undang. Oleh sebab itu sebaiknya saat akan dikirim ke kantor pos barang tidak usah dikemas rapi, dan setelah mendapat persetujuan petugas Bea Cukai baru dikemas dengan rapi dan diurus administrasinya dengan pihak pos.

Mungkin timbul pertanyaan selanjutnya, di dalam aturan dikatakan terhadap barang dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan atau dokumen jadi pemeriksaan fisik itu tidak wajib dong. Memang benar bahwa pemeriksaan fisik bisa dikatakn tidak wajib namun ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, dan syarat dan ketentuan seperti itu tidak dapat ditemukan pada eksportir orang per orang.

Lagi pula hal ini semata-mata untuk mengantisipasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi. Coba bayangkan jika orang per orang dapat mengirim barang ke luar negeri tanpa dilakukan pemeriksaan, bukan tidak mungkin hal ini akan dijadikan modus oleh para pelanggar hukum. Tidak perlu saya jelaskan saya rasa anda tahu apa yang saya maksudkan.

Bagaimana dengan jasa pengiriman selain pos seperti DHL, UPS atau FEDEX? Sama saja, kalaupun tidak dilakukan pemeriksaan pada saat anda menyerahkan barang maka pemeriksaan akan dilakukan di hanggar oleh petugas disaksikan oleh pihak ekspedisi sebagai perwakilan ekportir. Dan dalam hal ini mereka yang bertanggung jawab atas kebenaran isi barang sesuai pemberitahuan.

Oke, setelah barang diperiksa, dan disetujui selanjutnya apa? Seperti yang saya katakan sebelumnya, anda bisa mengemasnya dengan rapi dan menyelesaikan proses administrasi dengan pihak ekspedisi, selesai. Mudah kan? Ah, hampir lupa, jika barang yang dikirim masih baru sebaiknya lengkapi juga dengan invoice atau bukti transaksi untuk memudahkan perhitungan bea masuk dan pajak lainnya

20130502_102531

Tapi ada hal lain yang perlu diingat, barang ekspor yang anda kirim di negara tujuan diperlakukan sebagai barang impor maka prosedur yang dilakukan di negara tujuan adalah prosedur impor. Karena itu baik anda dan penerima barang di sana sebaiknya memahami apa saja yang diperlukan untuk pengeluaran barangnya. Ambil contoh produk makanan atau kosmetik, tidak menutup kemungkinan di sana dimintakan perijinan dan sertifikasi lainnya. Jika dokumen yang diminta tidak ada, bisa saja barang tersebut disita.

Kenapa waktu mau ngirim Bea Cukai tidak minta atau menerbitkan perijinan tersebut? Pada prinsipnya tugas Bea Cukai adalah mengawasi lalu lintas barang, adapun perijinan seperti itu merupakan peraturan titipan dari instansi lain seperti departemen kesehatan dan lain-lain dan Bea Cukai tidak mempunyai kewenangan untuk menerbitkan ijin semacam itu. Hal inilah yang tidak sama antara satu negara dengan negara lain.

Dalam suatu kesempatan ada yang bertanya perihal barang impor yang ditahan karena tidak ada ijinnya sementara sebelumnya importasi atas barang tersebut tidak dimintai ijin. Menanggapi hal ini ada beberapa kemungkinan, yaitu :

  1. Terhadap barang tersebut baru muncul aturannya yang atas impornya harus memiliki ijin. Memang tidak banyak yang tahu bahwa aturan terhadap ijin edar suatu barang cepat sekali berubah. Bahkan kami Bea Cukai pun harus sering meng-up date pengetahuan kami.
  2. Terhadap importasi sebelumnya diberikan kebijakan oleh petugas Bea Cukai. Saya pribadi pernah memberikan kebijakan, tentunya dengan pertimbangan yang matang, seperti barang tersebut bukan barang larangan atau batasan. Jumlah yangdiimpor wajar untuk ukuran pemakaian pribadi.

Oke, saya rasa penjelasan dari saya tadi sudah lebih dari cukup untuk memberikan gambaran kepada anda. Semoga bermanfaat

9 responses to “Cara Mengirim Barang Ke Luar Negeri

  1. Gan, kalo kirim balek barang yang saya terima dari amazon, saya mau kirim balek ke Amazon USA kena bea cukai lagi gak, karna sebelumnya udah dibayar bea cukai dari pihak amazon, mohon pencerahannya.tanks

  2. zeniynre@yahoo.com

    saya belum dapat kiriman dari hk padahal kiriman itu sdh di kirim tgl 13 agustus kemarin sampai skg tgl 09 september 2014 belum sampai mohon infonya

  3. Untuk Jasa Import Vis Singapore & China Serta Export Via Udara bila Bapak2 berkenan bisa menghubungi saya .

    Regard’s

    Ian

    Mobile : 0838 7116 8881
    Pin BB : 5168BAA2

  4. Mau tanya, saya berjualan cake seperti lapis surabaya, kebetulan ada permintaan dari Hong Kong. Jadi saya lagi bingung gimana caranya kirim cake ke HK, sedangkan utk ijin Depkes utk usaha saya ini tidak diperlukan, karena bukan merupakan makanan yang awet (5 hari sudah rusak). Apa ada ide utk mengirimkan roti2 saya ke HK?

  5. kalau butuh jasa pengiriman keluar negri via udara kita bisa..untuk makanan,cairan dan lain lain..via tnt dan dhl..silakan hubungi saya.

    jejen jaenudin
    0857 18080 775

  6. Saya punya online shop, terkadang dapat order kosmetik dari Malaysia apakah diperbolehkan oleh Pos Indonesia?
    Hal ini menjadi kendala karena saya tidak bisa mengirim dan memenuhi pesanan tersebut.

  7. siang gearai cantika..kosmetik jasa kurir kami bisa..
    bisa hub sy di wa 0857 18080 775

  8. bagus sekali nih, informasinya sangat bermanfaat dan untuk Jasa pengiriman paket/dokumen dengan service DHL express dan harganya yang ekonomis bisa kunjungi website http://amebdo.com “harga non Flat pada Kgan berikutnya” menjangkau lebih dari 220 negara di Dunia . pengirimannya Cepat dan Tepat . tracking on website/social media juga lho .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s