Yuk, Lihat Daftar Harga Saham

Belum lama ini saya diberikan tugas oleh dosen Mankeu / Manajemen Keuangan 2 untuk mencari daftar harga saham IPO 3 perusahaan untuk kemudian dicari nilai rata-rata, deviasi dan sebagainya. Kelihatannya sih mudah sebab bicara saham maka yang terlintas di benak saya dan ratusan ribu orang Indonesia pasti BEI atau BEJ. Tanpa ba bi bu langsung saja ketik BEI pada kolom pencarian di situs google.

Ketemu dan langsung klik hasil pencarian tapi ternyata tidak sesuai harapan. Di situ saya hanya mendapatkan daftar harga saham per tanggal saat itu sementara yang saya butuhkan adalah daftar historis harga saham. Awalnya saya fikir pasti ada caranya, coba telusuri setiap menu yang ada dan hasilnya tetap tidak ada.

Wah ngak asik nih, masih kalah sama situs Bea Cukai di mana pengguna bisa menelusuri historis daftar kurs dari waktu ke waktu. Tak kekurangan akal, kembali saya telusuri via google dengan kata kunci “daftar harga saham” namun hasil yang saya dapatkan tidak lebih baik dari pada yang saya dapat di situs http://www.idx.co.id milik BEI.

Mungkin karena anggap saja putus asa jadual sudah dekat sementara pekerjaan juga banyak akhirnya saya coba kata kunci lain yang sedikit bodoh yaitu “lihat daftar harga saham di mana” dan saya mendapatkan hasil yang sedikit berbeda dengan pencarian sebelumnya. Selain situs iklan dan BEI saya menemukan dua situs yang sesuai dengan kebutuhan yaitu http://www.duniainvestasi.com/bei/ dan http://www.sahamok.com/download-harga-historis-saham/.

Pada situs yang pertama saya mengalami sedikit masalah karena gangguan proxy kantor jadi tampilan gambar sering terblokir dan harus sering di refresh. Pada situs yang ke dua isinya seperti blog saya ini, berisi informasi di mana dan bagaimana cara mengunduh daftar historis harga saham dari yahoo finance. Setelah membaca dan paham langsung saya klik dan ikuti caranya dan walah berhasil berhasil (dora the explorer mode).

Yah lumayanlah data sudah dapat tinggal diolah namun ada yang menarik di sini. Sebelumnya saya menemukan situs ke dua yang merujuk pada yahoo finance saya googling ke BEI, kompas, juga BI tapi nihil. Menarik apanya biasa saja, yah mungkin anda akan berfikir demikian. Menarik menurut saya adalah karena saya googling (mencari via google) untuk menemukan yahoo. Padahal dulu untuk search engine yahoo lebih terkenal di banding google.

Untuk anda yang sedang mencari daftar harga saham beserta historical harganya untuk berbagai keperluan, semoga tulisan ini berguna.

Tinggalkan Balasan

