Kasihan Suaminya Temanku

Saat online, sering kali kita (maksudnya saya) melihat curhatan seseorang tentang orang lain atau apapun. Dulu ku pikir itu hal yang biasa tapi lama-lama rasanya kok tidak etis. Bentuk curhat online macam-macam meski serupa. Ada yang langsung mencak-mencak seperti “sialan si anu dst” atau ada juga yang awalnya seperti doa atau motivasi ujung-ujungnya ya gitu.

Adapun fenomena yang sering saya lihat akhir-akhir ini wanita (ibu-ibu) men-share suatu tulisan sambil menandai suaminya disertai komen seperti “baca nih” dll. Tidak salah sih dan sah-sah saja tapi lihat dulu kontennya. Jika isinya tentang informasi ya ngak masalah tapi yang terjadi justru sering kali isinya tentang masalah rumah tangga. Seperti bagaimana menyenangkan istri, cara merawat anak, istriku boros dan seterusnya.

Saat melihat hal tersebut terus-terang saya merasa miris. Miris karena heran, apakah mereka tidak punya ruang yang cukup untuk mebicarakan masalah keluarga dengan pasangan hingga harus dengan berbagi tulisan di dunia maya? Apakah mereka tidak sadar saat mereka melakukan hal tersebut, semua orang bisa melihatnya.

Sadarkah mereka yang mereka lakukan itu tak ubahnya seseorang yang sedang menjewer pasangannya di hadapan publik. Apakah anda senang jika diperlakukan demikian? Mungkin mereka tidak tahu apa yang ada dipikiran orang lain jadi biar ku beri tahu apa yang kupikirkan saat melihat hal tersebut.

Saat seseorang men-share tulisan tentang merawat anak dengan menandai pasangannya artinya ia tidak bisa merawat anak dan ingin pasangannya bisa merawat anak setelah membaca tulisan tersebut. Saat seseorang men-share tulisan tentang istri yang boros, dengan menandai pasangannya artinya suaminya pelit dan istrinya boros. Dan setrusnya dan seterusnya. Wahai wanita, (iya wanita karena kebanyakan yang melakukan hal tersebut wanita) janganlah kalian mempermalukan suami kalian dengan cara begitu. Jika kalian memiliki masalah, bicaralah secara langsung.

Mungkin reaksi yang kalian dapat tidak seperti yang kalian inginkan tapi, percayalah itu lebih baik dari pada kalian men-share tulisan masalah rumah tangga di dunia maya. Ketahuilah, sebaik-baiknya teguran di depan publik masih lebih buruk dari pada teguran 4 mata. Jangan permalukan suami kalian seperti itu, karena sungguh aku mengasihani suami kalian karena punya istri yang berperilaku demikian.

Noted : jangan share tulisan ini apa lagi pake tag ke pasangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s