Konsep-konsep Dalam Pemasaran

kali ini saya akan memberikan beberapa penjelasan atas beberapa konsep dasar dalam pemasaran. Seperti pemasaran, segmentasi dan lain-lain. sumber yang saya gunakan adalah buku manajemen pemasaran Philip Kotler.

Pemasaran merupakan proses social dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara penciptaan dan pertukaran produk dan nilai.

Kebutuhan, merupakan pernyataan dari rasa kehilangan.

Keinginan, bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan berdasarkan kebudayaan dan kepribadian individu.

Permintaan, keinginan manusia yang didukung dengan kemampuan daya beli

Produk, segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.

Pasar, perangkat dari semua pembeli actual dan potensial suatu produk atau jasa / orang yang memiliki kebutuhan dan keinginan untuk puas, uang untuk dibelanjakan dan keinginan untuk puas.

Nilai bagi pelanggan, perbedaan nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut.

Kepuasan pelanggan, sejauh mana suatu produk mampu memenuhi harapan pembeli produk. Bila kinerja produk lebih rendah disbanding harapan maka pembeli tidak puas.

Total quality management, program yang dirancang untuk memperbaiki mutu produk.

Pertukaran, tindakan untuk mendaqpatkan sesuatu yang didambakan dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya.

Transaksi, perdagangan antara 2 pihak yang melibatkan 2 nilai, persetujuan kondisi, waktu dan tempat

Hubungan pemasaran, proses menciptakan, memelihara dan meningkatkan hubungan erat yang semakin lama semakin bernilai dengan pelanggan dan pihak2 lain yang berkepentingan.

Manajemen pemasaran, analisis, perencanaan, implementasi , dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pembeli untuk tujuan mencapai tujuan organisasi.

Demarketing, pemasaran bertujuan untuk mengurangi permintaan untuk sementara atau selamanya dengan tujuan untuk mengurangi atau mengalihkan.

Konsep produksi, konsumen akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau, serta manajemen harus berusajha untuk memperbaiki produksi dan efisiensi distribusinya.

Konsep produk, konsumen akan menyukai produk yang mempunyai mutu terbaik, kinerja terbaik dan paling inovatif. Dan manajemen harus mencurahkan energy untuk terus menerus melakukan perbaikan produk.

Konsep penjualan, konsumen tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah cukup kecuali organisasi melakukan usaha penjualan dan promosi berskala besar.

Konsep pemasaran, pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang didambakan lebih efektif dan efisien disbanding pesaing.

Konsep pemasaran berwawasan sosial, pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang didambakan lebih efektif dan efisien disbanding pesaing dengan cara yang bersifat memelihara atau memperbaiki kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s