Aib

Kebanyakan manusia jika ditanya tentang definisi aib, akan berpendapat bahwa aib adalah segala sesuatu yang memalukan. Namun apakah aib sebatas itu saja? Di sini saya akan menuliskan apa yang saya dapat dari kajian rutin ba’da solat Zuhur di masjid kantor, yang isinya kurang lebih sebagai berikut.

Pada zama Rasul saw, salah seorang sahabat yang bernama Amr bin Ash datang mengunjungi anaknya yang bernama Abdullah. Kebetulan saat itu Abdullah sedang tidak di rumah sehingga Amr bin Ash menanyakan perihal anaknya kepada menantunya.

Saat ditanya mengenai Abdullah, sang istri menyampaikan bahwa anaknya adalah seorang yang gemar beribadah. Saking gemarnya ibadah sampai jarang menyentuh istri. Mendengar hal tersebut Amr bin Ash kemudian menegur anaknya dan menyampaikan hal tersebut pada Rasul saw. Rasul saw pun menegur Abdullah bin Amr dan mengingatkannya agar menyeimbangkan antara urusan dunia dan agama. Tidak boleh seseorang asik dengan urusan agama hingga melalaikan kewajiban atas yang lain.

Allah memiliki hak, mahkluk pun memiliki hak. Tidak boleh seseorang terlalu banyak ibdah hingga melalaikan keluarganya. Juga tidak boleh seseorang terlalu banyak solat malam hingga mengurangi waktu istirahat. Bahkan Rasul saw menegur istrinya yang memasang tali di masjid sebagai penyangga saat solat malam dari rasa ngantuk.

Contoh lain seperti tanda hitam di kening karena sering sujud pun bisa menjadi aib bila kemudian itu menjadian seseorang ujub atau bangga pada diri sendiri. Dari sini bisa kita ambil hikmah, bahwa sesuatu hal yang baik pun bisa menjadi aib bila dilakukan berlebihan dan menimbulkan efek negative. Apa lagi hal yang tidak bagus seperti main game sampai lupa kewajiban pada Allah untuk ibadah dan seterusnya. Demikian semoga berguna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s