Perbedaan Zakat, Infaq dan Sodakoh

Beberapa waktu lalu saat Ramadhan pernah saya baca judul berita Ahok bayar Zakat puluhan juta. Bagi orang awam mungkin berita tersebut biasa saja tapi bagi saya terasa aneh. Jujur saya merasa aneh saat membaca judul berita tersebut. Aneh karena Ahok yang non muslim bayar zakat, memangnya boleh?

Boleh jadi sampai saat ini masih banyak muslim yang bingung dan tidak tahu apa itu zakat, infak dan sodakoh. Apa bedanya? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut saya akan menjawab secara mudah definisi dari Zakat, Infaq dan sodakoh.Infaq, artinya mengeluarkan harta. Mengeluarkan harta di sini bisa baik ataupun buruk. Anda jajan gorengan, main perempuan atau narkoba pun masuk dalam kategori infaq karena mengeluarkan uang.

Sodakoh, jika infaq mengeluarkan uang / harta untuk tujuan baik ataupun buruk maka sodaqoh artinya mengeluarkan harta untuk kebaikan. Kebaikan di sini artinya bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. contohnya antara lain nyumbang kotak amal yang ada di Masjid, nyumbang pembangunan Masjid, dakwah dan lain-lain yang tidak hanya baik tapi juga tujuannya untuk Allah.

Sedangkan Zakat saya rasa sudah banyak yang tahu. Zakat adalah sodaqoh wajib yang penerapannya memiliki aturan dan ketentuan khusus. Ada aturan siapa saja dan apa saja yang bisa dikenakan zakat. Artinya tidak semua muslim wajib Zakat. Jika Muslim saja belum tentu wajib Zakat apa lagi yang non muslim.

Di Indonesia, konsep Infaq dan Sodakoh sering tertukar-tukar. Dimana sodakoh sering diartikan mengeluarkan harta secara umum bisa untuk tujuan negatif ataupun positif. Sementara Infaq diartikan sebagai Sodaqoh yang positif.

Semoga tulisan ini bisa memberikan anda pemahaman tentang Zakat, Infaq dan Sodakoh. Bila ingin membaca lebih dalam bisa ke sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s