Ke Pulau Pramuka, Tips dan Biayanya

Setelah tertunda dan tertunda, baru pada hari Kamis 23 Juli 2015 saya bisa ke Kepulauan Seribu, lebih tepatnya Pulau Pramuka dengan berbagai pertimbangan diantara pulau-pulau lain. Saya tidak akan bercerita panjang lebar tentang apa yang saya lakukan di sana sebab tak akan berbeda jauh dengan tulisan dari pengunjung lain yang pernah ke sana.

Di sana anda bisa menyewa sepeda untuk keliling pulau, mengunjungi penangkaran penyu, menyewa kapal untuk snorkling melihat ikan dan karang, mengunjungi pulau air, pulau semak daun, penangkaran hiu. Sama seperti yang dilakukan kebanyakan pengunjung lain di pulau Pramuka.Biar beda saya akan memberikan beberapa tips dan perkiraan biaya uyang dikeluarkan untuk pertimbangan anda yang belum pernah dan mau mencoba liburan ke sana.

Untuk menuju kepulauan seribu, yang pertama harus anda lakukan adalah menuju pelabuhan muara angke. Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi untuk kemudian ditinggal di sana. Atau bisa menggunakan taksi dan kendaraan umum lainnya. Silahkan cek di sini untuk akses angkutan umum.

Dari muara angke, ada banyak kapal yang memiliki tujuan berbeda-beda, silahkan naik kapal yang tujuannya sesuai keinginan anda. Di bagian depan kapal biasanya tertulis tujuan, namun bila tidak ada silahkan tanya pada orang-orang kapal tujuan pulau Pramuka, tidung dll yang mana. Oh iya, sebelum masuk pelabuhan siapkan uang untuk bayar peron.

Kapal berangkat dari Muara Angke maksimal jam 8.00 pagi, meskipun dikatakan berangkat jam 7.30 tapi sebaiknya anda sudah siap sebelum jam 7.00 supaya bisa memilih tempat duduk yang pas. Perjalanan menuju pulau sekitar 3 jam, jadi anda akan sampai pulau sekitar jam 11 siang.

Awalnya saya kira perjalanan akan terasa biasa dan normal ternyata saya justru mabuk akibat ombak dan angin yang besar. Saran saya jangan makan terlalu banyak sebelum berangkat dan siapkan obat masuk angin, balsem dan plastik kecil untuk antisipasi mabuk laut.

Sampai di pulau anda bisa mencari penginapan yang jumlahnya banyak. Anda bisa menginap di homestay atau dirumah penduduk yang menyewakan kamarnya untuk pengunjung. Meskipun banyak penginapan sebaiknya anda pesan dulu 1 atau 2 minggu sebelumnya sebab khawatir penginapan penuh. Jika mau nekat seperti saya juga ngak papa tapi risikonya capek keliling nyari penginapan sambil bawa barang.

Pemilik penginapan biasanya akan menawarkan jasa sewa perahu untuk snorkling dan kunjungan ke pulau sekitar yang saya sebutkan di awal. Anda bisa ambil, boleh juga tidak.

Setelah melakukan aktivitas di pulau anda bisa pulang pagi dengan kapal yang berangkat jam 7.00 atau agak siang jam 10.00. Dari niat awal 2 hari saya hanya mengambil 1 hari di pulau sebab kegiatan wisata utama yaitu snorkling, main di pantai dan ke pulau sekitar sudah saya lakukan siang hingga sore saat tiba. Ke esokan harinya saya pulang dengan kapal yang berangkat jam 10 supaya paginya masih sempat sewa sepeda untuk keliling pulau, sarapan dan lain-lain.

Saran saya jika anda ingin liburan ke pulau seribu, sebagiknya pakai travel agent agar anda tak perlu repot cari penginapan, makan dan lain-lain. Oh iya alasan lain saya pulang cepat karena makanan di sana kurang nikmat. Jika mau pakai travel agent maka hubungi mereka setidakmnya seminggu sebelum keberangkatan. Saya menyarankan travel agent bukan karena saya agent tapi semata-mata demi kenyamanan anda. Sebagai perbandingan akan saya uraikan biaya yang saya keluarkan.

  • Naik taksi dari rumah ke muara angke Rp 170.000
  • Masuk pelabuhan Rp 2.000
  • Tiket kapal penyebrangan Rp 40.000
  • Penginapam Rp 350.000 / malam
  • Sewa kapal Rp 350.000
  • Sewa perlatan renang (rompi, fin, kaca mata) Rp 35.000 / orang
  • Guide Rp 200.000
  • Dokumentasi foto-foto Rp 150.000
  • Makan Rp 15.000 / orang (relatif tergantung pilihan)
  • Becak motor Rp 5.000 / orang (muara angke ke terminal angke)
  • Angkot Rp 10.000 / orang (Angke – Grogol)

Biaya travel agent biasanya meliputi tiket kapal hingga makan. Selain itu adalah biaya yang dikeluarkan pribadi. Pilihan ada di tangan anda, mau mandiri atau dengan jasa travel agent karena masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Saya pribadi kemarin pergi mandiri bersama istri.

Tinggalkan Balasan

