Daily Archives: Juni 4, 2017

Saya Pancasila?

Hastag “saya pancasila” terlihat berseliweran di dunia maya, ada juga gambar profil seseorang yang terbagi dua, sebelah kiri tulisan saya pancasila dan di sebelah kanannya foto profil si pemilik akun. Frasa atau konsep “saya pancasila” bisa dibilang sebuah langkah atas peringatan hari pancasila tanggal 1 Juni kemarin, yang dalam rangka peringatan hari tersebut muncul iklan layanan masyarkat yang di akhir iklan tersebut menampilkan pak presiden Jokowi menyatakan saya pancasila. Sah-sah saja dan silahkan saja sih jika kemudian hastag “saya pancasila” menjadi tren, namun bagi saya hal tersebut terasa aneh. Aneh karena :

1. Pancasila itu ideologi negara yang dijadikan sebagai dasar pemerintahan dan landasan hukum di Indonesia. Jadi aneh jika kemudian ada ungkapan “saya pancasila” sebab artinya orang tersebut mengaku sebagai dasar atau falsafah negara, kan ngawur. Untung ngak kebablasan ngaku “saya tuhan” seperti firaun he he he. Seharusnya bukan “saya pancasila” tapi “saya pancasilais” yang artinya saya sebagai pengikut paham / idiologi pancasila.

Baca lebih lanjut