Pengalaman Saya Ikut JT

Gara-gara nulis tentang masjid berhantu saya jadi teringat waktu ikut keluar tiga hari bersama JT tahun 2002. Jamaah Tabligh yang biasa disebut JT adalah sekelompok orang yang mengorbankan waktunya untuk keluar berdakwah di jalan Allah dari masjid ke masjid mengajak masyarakat sekitar untuk memakmurkan masjid.

Sebelum keluar, jamaah berkumpul di masjid daerah Kebon Jeruk dan di data mana yang mau keluar 3 hari, 7 hari, sebulan dan 3 bulan. Setelah itu dibagi perkelompok sesuai lama waktu keluar. Singkat cerita setelah pembagian kelompok kami berangkat pagi hari menuju masjid yang berlokasi di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Letaknya dekat dengan pasar festival, masuk ke jalan di seberang kolam renang kuningan. Meskipun daerah kuningan banyak gedung bertingkat, ternyata di balik itu masih terdapat perumahan warga biasa bahkan sangat jauh dari kesan mewah. Skip lanjut ke masjid.

Masjid yang kami datangi berukuran cukup besar, ada 2 lantai tapi kurang terawat. Beberapa bagian bahkan sudah rusak terutama di lantai 2. Jamaah masjid tersebut cuma 1 yaitu seorang pria yang merangkap sebagai pengurus masjid yang usianya sudah tidak muda alias tua. Kegiatan kami sehari-hari seperti sedang pesantren kilat yaitu mengaji, membaca kitab.  Saat sore kami keliling mendatangi warga, mengajak mereka untuk ikut memakmurkan masjid solat berjamaah dan mendengarkan kajian. Mulai dari warga yang sedang nyantai sampai yang sedang ngadu ayam kami datangi. Sayangnya tak ada satupun warga yang ikut bersama kami.

Mengingat masjid tersebut benar-benar mengingatkan saya pada masjid berhantu di postingan saya sebelumnya. Entah bagaimana nasip masjid tersebut saat ini, apakah menjadi lebih baik atau justru menjadi masjid angker. Semoga saja tidak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s