Manfaat/ Pahala Sabar

Ada banyak pepatah tentang sabar, salah satu yang populer di Indonesia adalah : orang sabar disayang tuhan. Ungkapan tersebut dapat diartikan betapa dahsyatnya sabar sehingga karenanya seseorang bisa disayang tuhan. Disayang manusia saja sudah enak apa lagi disayang tuhan.

Ada sebuah kisah si jaman nabi Muhammad sallallahu alaihi wassalam, seorang sahabat perempuan datang dan mengadukan tentang penyakitnya. Ia meminta kepada nabi untuk didoakan kepada Allah agar disembuhkan dari penyakitnya tersebut. Sebab ketika penyakitnya kambuh ia akan kehilangan kesadaran (ada yang mengatakan sakit ayan).

Kemudian nabi menjawab bahwa ia bisa saja sembuh, namun jika ia bersabar dengan penyakitnya maka ia akan mendapat balasan berupa surga. Setelah itu sang sahabat berkata ia akan bersabar dan tidak meminta untuk sembuh namun meminta didoakan agar auratnya tidak terlihat saat penyakitnya kambuh.

Dalam riwayat lain nabi bersabda bahwa beliau kagum dengan perkara orang beriman (ingat ya beriman, levelnya udah tinggi). Sebab apapun yang terjadi pada orang beriman adalah baik. Contoh bila orang beriman mendapat kebaikan dan ia bersyukur maka itu baik. Dan bila ia mendapat kesulitan kemudian ia bersabar itu pun baik baginya. Kenapa baik, karena balasan dari Allah adalah hal yang baik, hal tersebut tentulah surga di akhirat nanti.

Tinggalkan komentar