Sharing Buka Hingga Tarawih Di Istiqlal

Setelah sempat tertunda akhirnya saya ngalamin juga buka bersama dan solat berjamaah di masjid Istiqlal. Jarak rumah dengan Istiqlal sekitar 11 km atau perjalanan dengan kendaraan sekitar 1 jam. Saya berangkat dari rumah jam 4 sore dan sampai sebelum jam 5. Karena sudah masuk libur sehingga jalanan relatif sepi lancar.

Setelah masuk dan memarkir kendaraan saya langsung bergegas naik ke arah masjid. Tempat masuk antara pria dan wanita dipisah. Ada tempat penitipan barang/ alas kaki tapi saya sudah bawa plastik jadi sandal saya masukin tas saja biar lebih praktis. Usai wudhu dan melaksanakan solat sunah lanjut ngaji baca quran.

Tempat makan buka bersama berada di luar ruang utama tempat solat. Jadi saya ke luar menuju lokasi yang ternyata sudah penuh dan saya kebagian tempat di belakang. Saya sempat dengar untuk hari itu (29 ramadhan/ 19 April 2023) tersedia 10.000 paket nasi untuk berbuka. Jumlahnya banyak tapi jumlah jamaah yang hadir lebih banyak sehingga tidak semua kebagian, mungkin karena sudah libur jadi yang hadir lebih banyak dibandingkan hari biasa. Maka saran saya bawalah makanan dan minuman untuk antisipasi jika tidak kebagian.

Waktu berbuka bersama sekitar 20 menit, cukup untuk menghabiskan seporsi nasi. Setelah itu solat maghrib berjama’ah dilanjutkan agenda bebas. Bebas mau lanjut ibadah ngaji atau kegiatan lainnya hingga waktu isya. Yang menarik di sini adalah, sekitar 10 menit menjelang waktu solat akan berkumandang sholawat di speaker. Sebagai pemberitahuan, cukup waktu untuk berwudhu bagi yang belum atau mengingatkan yang sedang asik ngaji biar ngak kaget jika tiba-tiba langsung azan.

Solat tarawih di sini sebanyak 20 rakaat dengan cara 2 rakaat 1 salam + witir 3 rakaat dengan cara 2+1 rakaat. Setelah solat isya sebelum tarawih, diumumkan kegiatan yang akan dilakukan termasuk kegiatan untuk besok. Selanjutnya ada pembacaan ayat al Quran dengan cara seperti mtq yang berima gitu. Kemudian dilanjutkan ceramah.

Meskipun jumlah rakaatnya banyak tapi anda ngak usah khawatir karena ayat yang dibacakan setelah al-fatihah tidak lama meskipun bukan surat pendek jadi tidak akan terasa pegel. Apalagi bacaan imamnya bagus jadi enak untuk disimak. Rangkaian kegiatan tarawih selesai jam 9 malam lewat, hampir jam 21.30.

Bagi anda orang Jakarta atau bukan yang rumahnya relatif jauh dari Istiqlal, saran saya datanglah sebelum jam 5 sore supaya kebagian tempat menunggu nasi kotak. Sebab meskipun kebagian tempat tapi kalo di belakang khawatirnya ngak kebagian jika jumlah jamaahnya sangat banyak seperti yang saya alami. Untuk sahur juga tersedia makan tapi jumlahnya tidak sebanyak untuk berbuka. Jika waktu itu saat berbuka tersedia 10.000 kotak maka untuk sahur tersedia 2.500 kotak. Demikian sharing saya semoga berguna.

Tinggalkan komentar