Tips Khatam Al Quran

Ramadhan 1444H/ 2023 akan berakhir, salah satu pertanyaan yang muncul adalah sudah berapa kali khatam Qur’an? Bagi sebagian orang khatam Qur’an bisa dibilang suatu hal yang biasa dan selama Ramadhan mereka bisa khatam beberapa kali. Tapi bagi sebagian lain, jangankan beberapa kali, khatam 1 kali pun terasa berat.

Nah kali ini saya akan berbagi tips untuk mengkhatamkan Qur’an minimal 1 kali selama Ramadhan. Pertama hapus pikiran sulit, berat atau susah sebab ketika alam bawah sadar anda sudah mengatakan demikian maka selamanya akan demikian. Kalaupun anda tidak bisa membuat pikiran positif/ mudah setidaknya jangan negatif, berarti netral.

Oke lanjut ke langkah taktis untuk mengkhatamkan Qur’an. 1 bulan terdiri antara 29 atau 30 hari dan al Qur’an terdiri dari 114 surat, 30 juz. Jika membagi berdasarkan surat maka kurang adil sebab setiap surat memiliki jumlah ayat yang berbeda dengan panjang yang juga berbeda. Maka paling mudah adalah dengan membuat target selesai 1 juz per hari.

Dalam 1 juz Qur’an berjumlah 20 halaman atau 10 lembar. Jika anda doyan baca ya ngak sulit langsung baca 20 halaman tapi yang ngak biasa maka 20 halaman ya berat. Agar terasa ringan maka bagi 20 halaman tadi menjadi 5. Kenapa 5? Karena dalam sehari kita solat 5 waktu maka setiap selesai solat baca 4 halaman. Jika masih terasa berat bagi lagi jadi 2, 2 halaman sebelum solat dan 2 halaman sesudah solat.

2 halaman atau 1 lembar tidak berat dong. Jika anda bisa melakukan hal tersebut maka anda bisa selesai 1 juz dalam sehari. 1 hari 1 juz maka sebulan bisa 30 juz, jika ternyata Ramadhan cuma 29 hari berarti 29 juz, kurang 1 juz bisa lah digas biar selesai 30 juz. Gimana mudah kan, kalo anda masih merasa berat wah saya bingung mau gimana lagi.

Tinggalkan komentar