Olahraga Rumahan, Efektifkah?

Untuk memiliki tubuh sehat, selain mengatur pola makan dan istirahat yang cukup juga diperlukan olah raga yang baik. Pertanyaannya kemudian apakah untuk olah raga harus nge-gym di gym? Jawabannya adalah tidak, sebab olah raga bisa dilakukan di mana saja meskipun pilihannya terbatas.

Di zaman modern saat ini ada banyak sekali perangkat yang dapat membantu Anda berolah raga meskipun tidak di gym. Salah satunya adalah aplikasi olah raga rumahan yang banyak tersedia dan dapat diakses dengan HP. Pertanyaannya kemudian apakah olah raga rumahan cukup efektif.

Dari pengalaman saya pribadi, efektivitas olah raga baik di rumah atau gym semuanya terletak pada konsistensi anda dalam menjalankan program. Selama pandemi dan sejak pindah tugas saya lebih sering berolah raga di rumah dengan beberapa mode. Mode pertama dengan menggunakan peralatan yang saya beli seperti barbel, sumber yang saya beli. Dan mode kedua dengan menggunakan beban tubuhsendir/ body weightl sendiri mengikuti program latihan yang sudah dibuat oleh aplikasi tersebut.

Kesimpulan saya pribadi, olah raga rumahan dengan menggunakan beban tubuh sendiri kurang efektif karena lebih cepat bosan. Saya hanya kuat menjalani sekitar 1 bulan mengikuti program latihan dari aplikasi tersebut. Sedangkan olah raga di rumah menggunakan peralatan beban yang saya miliki tidak semembosankan bila menggunakan beban tubuh sendiri jadi lebih reliable.

Tapi sekali lagi saya sampaikan bahwa ini adalah pendapat pribadi saya. Karena kunci kesuksesan ada pada pribadi masing-masing. Jika anda bisa konsisten menjalani olah raga rumahan dengan beban tubuh pribadi bagus. Karena saya lihat tidak sedikit orang yang berhasil dengan olah raga menggunakan beban tubuh, komunitasnya bisa anda cek dengan kata kunci kalistenik.

Tinggalkan komentar