Obat, Krim, Cairan Penumbuh Rambut dan Bulu, Manjur Atau Hoax?

Waktu saya kecil, di koran-koran ada tuh iklan penumbuh rambut dan bulu sebut saja minyak berdaus. Gambarnya laki-laki dengan jenggot berewok disekitar mulut. Entah sekarang masih ada atau tidak. Dan barusan iseng browsing ternyata sekarang banyak juga merek-merek produk penumbuh bulu.

Minyak rambut & Pomade sebagai ilustrasi, bukan obat penumbuh bulu

Bagi saya menarik juga nih untuk dibahas. Sebenarnya obat atau produk tersebut beneran manjur atau tidak? Saya bukan tukang obat, pemakai atau apa ya tapi dari yang saya ketahui rambut termasuk bulu itu kaitannya dengan hormon kejantanan/ testosteron. Artinya ya bawaan gen sejak lahir atau bisa juga efek dari makanan.

Contoh gampang antara laki-laki dan perempuan kan hormon testosteronnya beda dimana laki-laki lebih banyak maka bila laki-laki punya bulu lebih banyak di banding wanita ya wajar. Dan antara satu lelaki dengan lelaki lainnya pun bisa beda kadar hormonnya, maka ada lelaki yang banyak bulu ada juga yang tidak. Ya karena beda kadar hormon tadi.

Pertinyiinnyi, bisi ngik nimbihin bili piki ibit (pertanyaannya, bisa ngak numbuhin bulu pake obat)? Tergantung, obatnya dalam / dimakan atau luar/ dioles? Untuk obat dalam saya masih bisa terima ya karena suatu hal yang logis. Tapi untuk obat luar, saya kok merasa itu hoax ya. Saya belum nemu kasus atau penelitian yang menunjukkan obat luar berupa cairan, krim atau bentuk lainnya bisa menumbuhkan rambut atau bulu.

Waktu kecil saya pernah bakar kemiri dan mengoleskan minyaknya ke bagian alis sampai melebar ke bagian lain. Hasilnya biasa aja tuh, alis saya tidak tambah lebat dan bagian yang melebar pun Alhamdulillah ngak tumbuh juga. Kalo sampai tumbuh waduh bisa ngak karuan muka saya.

Orang-orang yang menggunakan obat luar penumbuh bulu, saya yakin waktu pakai mereka pasti juga meluber tapi ya silahkan lihat hasilnya. Mungkin memang ada obat luar yang bisa menumbuhkan bulu tapi apakah permanen? Saya ambil analogi pengguna steroid, beberapa pelaku gym kan memang mengonsumsi steroid untuk membesarkan otot tapi ya efeknya hanya selama mengonsumsi. Saat tidak konsumsi streroid ototnya tidak bisa membentuk seperti saat pakai steroid.

Kesimpulannya adalah, saya rasa obat-obatan luar penumbuh rambut atau bulu itu hoax. Perkara anda mau pakai atau tidak itu urusan pribadi. Jika anda pakai, saran saya hati-hati jangan sampai malah membahayakan diri karena produknya tidak aman. Alih-alih tumbuh rambut lebat malah jadi botak kan bahaiya.

Tinggalkan komentar