History of My Weight

Ini adalah intro atau pengantar tulisan saya berikutnya tentang diet yang saya jalani. Jadi sebelum cerita tentang perjalanan diet saya, saya akan bercerita tentang sejarah berat badan saya yang naik turun. Awalnya berapa, kemudian jadi berapa dan selanjutnya berapa.

36,9 + 44,4 = 81,3

Cut off atau rentang waktu yang saya gunakan adalah sejak tahun 2010 awal (Februari) hingga 2021 awal (Maret). Kenapa 2010 awal? Karena saat itu saya mulai pindah tugas dari Bengkulu ke Priok Jakarta. Oke kita mulai ceritanya.

Februari 2010 ketika saya mulai pindah bertugas dari Bengkulu ke Priok Jakarta. Saat itu berat badan saya masih 60 kg-an. Hal penting yang perlu diketahui adalah gaji atau take home pay saya saat itu ada di angka kisaran Rp 3 jutaan, kemudian naik 2x lipat jadi Rp 6 jutaan beberapa bulan setelah pindah ke Priok Jakarta. Kenaikan 2x lipat ini berpengaruh pada gaya hidup yaitu pola makan dan hobi beli mainan. Jadi wajar ya jika hobi mainan saya puluhan juta, anggap sebulan habis 1 juta. Dalam 2 tahun maka sudah habis 24 juta, dan kadang ada mainan yang harganya di atas 1 juta. Skip, lanjut ke berat badan.

2010, 60 kg

2011, setahun setelah saya tugas di Priok Jakarta. Waktu itu saya belum aktif nimbang berat badan, tapi rasanya bobot sudah naik. Saya bisa merasakan dari seragam yang terasa sempit, berat badan saya mungkin naik jadi 65 kg.

2012, saya nikah bulan Oktober. Waktu itu berat badan saya sudah 70 kg. Waktu itu saya merasa inilah berat badan ideal saya sebab sebelumnya saat masih 60 kg saya terlihat kurus cungkring. Saya tidak tahu sudah gemuk atau tidak, tapi saat berat badan saya 80 kg-an saya tidak merasa gemuk. Paham kan maksudnya?

2014 bulan Juni atau Juli saya pindah tugas ke kantor pusat. Masih di Jakarta juga, bedanya dengan di Priok adalah bobot pekerjaan saya yang lebih banyak administrasi dan sedikit lapangan. Maksudnya jadi kurang gerak/ aktif, di sisi lain makanan lebih banyak sehingga saya jadi lebih banyak makan. Saat pindah itu ( Juli 2014) berat badan saya masih 70 kg.

2014 – 2016, saya lupa tepatnya kapan tapi (tiba-tiba) berat badan saya mencapai angka 80 kg. Karena efek banyak makan dan kurang gerak, bahkan di 2016 berat badan saya naik jadi 83 kg. Saat itulah saya mulai khawatir, jangan sampai angkanya nambah. Waktu itu saya sudah gemuk, karena beberapa orang bilang saya gemuk meskipun saat itu saya belum merasa gemuk. Saya sempat berusaha melakukan olahraga, diet OCD dan lainnya untuk nurunin berat badan tapi gagal karena tidak punya ilmunya hanya sekedar ngikutin.

2017 berat badan saya sudah stabil di angka 83 kg. Saya bilang stabil karena sudah olah raga dan “diet” tapi gagal, turun ke 80 kg tapi ngak lama balik ke 83 kg lagi. Hingga akhirnya istri saya nyaranin/ nyuruh saya diet. Saya ngak tahu namanya diet apa karea istri yang nemu di YouTube. Kalo saya bilang termasuk diet air, karena saya ingat dietnya ekstrim selama beberapa hari (tidak sampai 7 hari) saya tidak boleh makan dan hanya boleh minum air. Airnya air putih dan juicer yang waktu makan/ minumnya diatur. Saya ingat akhir 2017 karena ada catatan transaksinya saya beli juicer di lazada Desember 2017.

2018, 80 kg

2018 Januari, setelah menjalani diet air yang ekstrim dalam waktu kurang dari 7 hari berat badan saya turun 3 kg jadi 80 kg-an. Setelah diet air selesai saya berfikir untuk makan enak hingga puas tapi sayang. Sayang bila pengorbanan saya selama beberapa hari kemarin sia-sia seperti sebelumnya. Pola makan saya “normal” masih banyak tapi dibatasi supaya berat badan tidak naik.

Februari 2019, saat acara keluarga

2019, Februari ada acara kumpul-kumpul keluarga dan standar ada acara foto-fotonya. Dari foto itulah saya baru ngeh alias sadar bahwa saya gemuk. Iya karena beramai-ramai jadi saya kelihatan gemuk diantara orang-orang yang lain. Dari situlah saya mulai belajar cari ilmu kesehatan pas nemu iklan evolene. Saya sebut evolene karena memang iklanya saat itu menginspirasi saya untuk menjadi lebih sehat (bukan kurus). Setelah belajar dan sambil praktek, dalam 1 bulan diet, berat badan saya turun 3 kg jadi 77 kg-an di bulan Maret 2019. Setelah itu saya diet fleksibel, berat badan saya relatif stabil dan turun perlahan ke angka 75 kg-an.

Februari 2020, setelah menjalani diet fleksibel sepanjang 2019 berat badan saya relatif stabil di angka 77 kg perlahan turun menjadi 75 kg. Kondisi pandemi yang berefek ke WFH dan lainnya menyebabkan pola makan dan aktivitas fisik olahraga saya menjadi berubah. Karena perubahan kondisi itulah proses penurunan berat badan relatif sulit maka target saya adalah menjaga kondisi stabil di angka 74 kg.

Maret 2021, dengan kondisi masih pandemi selama setahun. Pola makan dan aktivitas fisik saya benar-benar fleksibel. Untuk pola makan kadang bisa defisit kalori namun kadang surplus. Yang paling terasa adalah aktivitas fisik yang benar-benar berkurang. Angka di timbangan sempat turun ke 72 kg tapi belum stabil. Berat badan rata-rata atau stabil di angka 73 kg-an. Namun meskipun secara angka sudah lebih rendah dibanding timbangan tahun 2019 yaitu 77 kg, secara umum bentuk tubuh saya lebih kencang saat itu. Penyebabnya ya karena olahraga, 2019 saya aktif olahraga sehingga otot menjadi kencang. 2020 sejak pandemi kuantitas dan kualitas olahraga saya menurun sehingga meskipun secara angka berat badan turun tapi secara fisik justru terlihat lembek.

Selanjutnya saya akan posting cerita diet dan aktivitas fisik yang saya lakukan.

2019, 77 kg

Tinggalkan komentar