Cara Cek Status Barang Kiriman Luar Negeri, Biar Ngak Ketipu

Mungkin sudah sepuluh tahun lebih penipuan dengan modus paket kiriman terjadi, tapi sampai saat ini masih saja terjadi. Seperti yang belum lama saya dapati, ada yang bertanya tentang barang sambil memperlihatkan gambar seperti di bawah ini.

Waktu awal ditanya saya agak bingung, bingung karena langsung ditanya tentang barang ini sambil kemudian memberikan gambar. Kebingungan selanjutnya karena gambar dokumennya aneh, dokumen apa itu pikir saya.

Setelah mengatur jeda, ambil nafas dan mikir sebentar baru saya ngeh. Oh ini mau ngecek barang kiriman, tapi kok resinya aneh ya. Aneh karena itu bukan dokumen resi yang umum, ada logo milik united nation, kemudian keterangan pengiriman diplomatik. Dari situlah saya ngeh bahwa ini penipuan.

Biar lebih pasti ya udah saya cek di sistem dan ternyata bener ngak ada. Katanya, dia datang dari Papua mau cek barang kiriman bantuan dari luar negeri. Entah bener dari Papua atau tidak, kalo bener ya kasihan banget jauh-jauh datang eh ketipu. Nah buat anda yang mau ngecek status barang kiriman, baik kiriman beneran beli barang atau dikirimin dari kerabat beneran atau kiriman ngak jelas dari orang ngak jelas hasil kenalan online segala macam, caranya gampang kok. Bisa langsung ke link ini https://www.beacukai.go.id/barangkiriman.

Atau bisa Googling ke situs resmi bea cukai pusat di https://www.beacukai.go.id/. Nanti ada menunya, tinggal di klik saja. Atau bisa lewat aplikasi mobile beacukai, jika belum punya tinggal instal di hp dari play store. Tampilannya seperti gambar di atas. Itu dia informasi dari saya, semoga tidak ada lagi yang kena tipu.

Tinggalkan komentar