Hobby Itu Mahal

Gila, ternyata mahal juga mainan gundammu itu. Demikian komentar salah seorang teman setelah melihat daftar gundam yang kujual. Mendengar itu aku hanya tertawa, saya sadar memang gundam yang saya beli itu harganya tidak murah tapi kalau sudah suka karena hobby ya sudah.

21082011071

Dari pengalaman saya, jika bicara hobby maka uang adalah urutan ke sekian sebab hobby itu tentang kepuasan hati dan kepuasan hati tak bisa diukur dengan materi. Di tulisan sebelumnya saya pernah mengatakan jika dihitung-hitung harga gundam saya itu setara dengan harga sepeda motor, sementara di banding waktu itu koleksi gundam saya terus bertambah dan bertambah. Makanya sebagian saya jual, kalaupu tidak laku ya ngak masalah.

Bagi sebagian orang hobby itu sudah masuk menjadi gaya hidup. Contoh hobby gundam yang saya geluti, awalnya cuma beli satu untuk iseng-iseng tapi kemudian nambah, yang tadinya beli grade kw yang harganya miring kemudian ganti grade ori dengan harga yang tidak murah. Awalnya merakit hanya sekedar merakit tapi lama-lama bosan dan ingin sesuatu yang beda, mulailah di cat, di custom dan sebagainya.

Dari sini saja sudah terlihat, hobby selain mengorbankan uang yang tidak sedikit juga memerlukan pengorbanan waktu. Bagi anda yang tak terlalu sibuk mungkin ini justru bisa jadi obat pengisi waktu, namun jika anda cukup sibuk ya harus ada yang namanya pengorbanan. Dan tidak jarang waktu untuk keluarga yang jadi korban.

Cerita saya barusan hanya sekedar contoh sebab hobby tidak hanya gundam. Ada yang hobbynya main burung, ikan, motor bahkan seorang tersangka kasus penyuapan ketua MK memiliki hobby yang benar-benar mahal yaitu hobby mengoleksi mobil sport mewah (muahal). Jika gundam saya bila dikonversikan bisa menjadi sebuah sepeda motor maka entah berapa banyak gundam yang bisa didapat dari konversi mobil-mobil mewah tersebut.

20130712_071344

You can take the toys away from the boy but you cannot take the boy away from the toy. Sepertinya kalimat tersebut sangat pas untuk menggambarkan hubungan antara pria dan hobby, sebab hobby tak ubahnya seperti sebuah mainan bagi para pria. Dan berapapun usianya, boys bill be boy. Jadi sebelum anda memilih hobby yang akan anda tekuni tidak ada salahnya anda mengukur kemampuan anda sebab sekali lagi saya katakan, hobby itu tidak murah alias mahal.

2 responses to “Hobby Itu Mahal

  1. tapi dulu avanya gambar robo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s